25 radar bogor

Kebut Program, Pemkot Rutinkan Pertemuan dengan DKI Jakarta

Walikota Bogor Bima Arya pada sebuah acara.

BOGOR–RADAR BOGOR,Wali Kota Bogor, Bima Arya, memanfaatkan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam pertemuan bersama kepala daerah se-Jabodetabekpunjur itu, Bima menyampaikan beberapa rencana kegiatan yang akan dilakukan untuk menyangga Ibu Kota Republik Indonesia.

“Kita mengajukan park and ride di beberapa titik, kemudian kolam retensi, normalisasi setu atau Ciliwung, jalur air bersih yang menjadi kepedulian Jakarta juga sambungan pipa,” ujar Wali Kota Bima Arya.

Bima mengatakan, dalam pertemuan tersebut disepakati untuk memperbaiki komunikasi dan koordinasi melalui perencanaan yang lebih matang untuk melangkah ke depan. Sebab menurutnya, bukan soal siapa membutuhkan siapa tetapi semua saling membutuhkan.

“Jadi spiritnya saling membutuhkan, sepakat untuk meningkatkan frekuensi komunikasi,” katanya.

Selain itu, Bima juga mengusulkan agar semua kepala daerah se-Jabodeta­bekpunjur bertukar dan berbagi perenca­naan tiga tahun ke depan.

Hal itu dilaku­kan agar bisa saling dikoor­dinasikan. Seperti apa yang bisa dibantu DKI Jakarta dan apa yang bisa dilakukan oleh Bogor.

“Jadi tiga tahun itu sudah ada, bukan setiap tahun diajukan,” terangnya.

Bima berharap pertemuan tersebut menjadi langkah awal untuk menyinergikan masing-masing daerah. Sebab semua kepentingan adalah untuk masyarakat.

“Ini sinyal yang bagus, selama ini saya sampai­kan ke pak guber­nur perlunya ngumpul-ngum­pul seperti ini, lebih sering bertemu, bertukar pikiran, tidak formal, tidak kaku, dan tidak seremonial, akan lebih sering ngopi, ketemu, untuk menye­laraskan ini, mudah-mudahan bisa berjalan seperti itu,” pungkasnya. (gal/c)