25 radar bogor

Eddy Soeparno Ingin Jadikan UMKM Solusi Kurangi Pengangguran

Sekjen DPP PAN, Eddy Soeparno

BOGOR-RADAR BOGOR, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno menilai pertanian dapat menjadi solusi untuk mengentaskan pengangguran di masyarakat. Eddy mengatakan pertanian dan perkebunan mampu menyerap dua sampai tiga juta tenaga kerja.

“Potensi sektor lingkungan hidup sangat luas dapat menjadi salah satu solusi mengentaskan pengangguran,” ungkap Kang Eddy, sapaan karibnya, Jum’at (07/12/2018).

Salah satu caranya adalah dengan revitalisasi lahan kritis. Kang Eddy mengatakan untuk menghidupkan kembali lahan kritis membutuhkan tenaga kerja. Setelahnya, lahan dapat dimanfaatkan untuk sektor pertanian dan perkebunan.

“Revitalisasi lahan membutuhkan tenaga kerja. Setelah itu pemanfaatannya dapat dikembangankan untuk pertanian atau perkebunan,” kata dia.

Di samping itu hasil pertanian dan perkebunan juga bisa dikembangkan menjadi produk UMKM bagi masyarakat.

Dengan adanya UMKM, Kang Eddy menjelaskan, dapat memberdayakan masyarakat sekitar untuk berwirausaha dan menyerap tenaga kerja.

“UMKM hasil pertanian dan perkebunan juga memiliki potensi yang tinggi jika dikelola secara baik,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pemanfaatan limbah lingkungan seperti dedaunan dan sampah plastik juga mampu memberdayakan masyarakat.

Limbah organik bisa diolah menjadi kompos dan plastik dapat diolah menjadi kerajinan.

“Kita harus jeli dalam memanfaatkan lingkungan kita agar dapat membantu saudara saudara kita yang membutuhkan,” pungkasnya.(pin)