25 radar bogor

Duh! Permintaan Banyak, Kopi Bogor Langka

Biji kopi (Dok. JawaPos.com)

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Kopi Bogor menjadi kopi pa­ling dicari. Hampir setiap kedai kopi menyedia­kan sajian kopi asal bumi pasundan ini. Baik itu robusta atau pun arabika. Namun, be­be­ra­pa hari ini, kopi Bogor mulai sulit dite­mui.

Seperti di sejumlah kedai kopi di kawa­san Cibu­bur. Banyak kedai kopi di sana yang kehabisan stok kopi Bogor.

“Iya, stoknya sudah habis. Cari ke peta­ni juga belum ada lagi. Padahal lagi ba­nyak yang nyari kopi Bogor,” ujar Tejo, Owner Ke­dai Kopi Batas Kota, Cikeas, Kabupaten Bo­gor, kemarin.

Langkanya kopi Bogor tidak hanya pada jenis arabika. Jenis robusta pun kini mulai sulit didapat. Hal itu lantaran ketersedia­an di hulu atau petani kopi sudah menipis.

Yang mengakibatkan para produsen kekurangan stok kopi. Salah satunya produsen kopi ara­bi­ka Sukamakmur, Budi Irawan.
Ia menuturkan, saat ini, persediaan kopi yang ia miliki sudah dipesan sejak jauh ha­ri. Sehingga, jika pun ada stok kopi itu sudah dibeli terlebih dahulu.

“Dalam satu bulan, kami menjual 1,6 ton,” katanya kepada Radar Cibubur, kemarin.

Ia menilai, kelangkaan kopi tersebut tak lepas dari sudah berakhirnya masa panen. Saat ini kopi Bogor yang ada merupakan stok lama.

Ia pun menuturkan, stok kopi akan kembali normal di bulan Februari 2018 mendatang. Pada bulan tersebut merupakan bulan panen untuk kopi jenis arabika.

“Kalau untuk ro­bus­ta itu di bulan April 2019 mendatang. Ja­di langkanya kopi Bogor ini karena per­min­ta­an dari hilir yang banyak. Sedangkan dari hulu masih terbatas,” tukasnya.(all/c)