25 radar bogor

Kini Tak Perlu Repot Lagi, Pesen Tiket Bus Pun Bisa Dilakukan Online

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bus antar kota dan propinsi masih menjadi andalan masyarakat sekaligus tulang punggung pergerakan orang dari satu tempat ke tempat lainnya. Tak heran bila hingga kini setidaknya lebih dari 110 perusahaan otobus dan operator shuttle bus di Indonesia terus bergeliat.

Pasar potensial yang menarik ini mendorong redBus sebagai platform pemesanan bus antar kota & shuttle bus online terbesar di dunia, masuk ke Indonesia dengan menyediakan platform layanan pemesanan tiket secara online melalui aplikasi redBus.

CEO redBus, Prakash Sangam mengatakan kehadiran aplikasi redBus di Indonesia akan membantu memberi kenyamanan pada penumpang bus agar dapat memilih tempat dan waktu perjalanan mereka dengan mudah.

“Visi untuk mengubah ekosistem bus dan shuttle bus di Indonesia dan membuat hidup lebih simpel bagi para pelanggan bus. Aplikasi redBus membantu mereka untuk memesan tempat duduk favorit mereka pada waktu perjalanan yang mereka inginkan tanpa harus mengalami kesulitan dengan berdiri dalam antrian panjang di depan loket,” kata Prakash, Senin (3/12) saat peluncuran aplikasi redBus di Indonesia.

Aplikasi redBus sendiri telah melayani 18 juta pelanggan di seluruh dunia dan menjual lebih dari 170 juta tiket bus, redBus saat ini beroperasi di 6 negara, termasuk India, Kolombia, Indonesia, Malaysia, Peru, dan Singapura.

Dalam pelayanannya redBus melakukan partnership dengan beberapa perusahaan dan operator bus yang populer termasuk nama-nama besar seperti Sinar Jaya, Pahala Kencana, Lintas, Xtrans, Nusantara, Sumber Alam dan masih banyak lagi.

Dengan dukungan dari para mitra ini, redBus dapat melayani sebagian besar permintaan bus dan shuttle bus yang berasal dari Jawa Barat & Jawa Tengah. redBus juga melihat minat yang besar pada rute pendek seperti Jabodetabek ke Bandung serta Joglo Semar (Yogyakarta, Solo, Semarang).

Country Head redBus Indonesia, Danan Christadoss menambahkan redBus menyediakan ribuan rute yang menghubungkan kota-kota di Indonesia, sehingga akan memudahkan konsumen memilih rute terbaik untuk perjalanannya menuju kota tujuannya.

“Pengguna bus telah memesan tiket bus dan shuttle bus mereka pada lebih dari 1400 rute unik bus yang menghubungkan lebih dari 150 kota di Indonesia. Perkembangan kami sangat pesat dan pada akhir 2019 kami bertujuan untuk melipatgandakan jumlah mitra perusahaan otobus dan operator untuk memberikan pengguna kami lebih banyak pilihan, baik untuk perusahaan otobus maupun rute yang tersedia di seluruh Indonesia. Kami menargetkan untuk menjual lebih dari 200.000 kursi setiap harinya melalui www.redbus.id dan aplikasi mobile redBus,” ungkap Danan Christadoss, Country Head redBus Indonesia.

Data redBus mencatat bahwa saat ini audiens pengguna bus terdiri dari mahasiswa dan profesional muda yang jauh dari kampung halaman mereka, baik laki-laki maupun perempuan, 50% audiens tergolong dalam kelompok usia 18 hingga 24 tahun.

Untuk lebih memudahkan seluruh proses pemesanan, redBus menyediakan beberapa opsi pembayaran yang aman melalui transfer bank seperti BCA, Mandiri, BNI dan BRI. Pengguna juga memiliki pilihan untuk membayar melalui GoPay atau melalui Alfamart terdekat mereka. Ada juga opsi untuk membayar melalui kartu Kredit dan Debit, meskipun penggunanya belum banyak.

(wzk/JPC)