25 radar bogor

Dianggarkan Rp47 Miliar, Jalur Lingkar Dramaga Seksi II Rampung Tahun Ini

Camat Dramaga sedang meninjau proyek pengerjaan Jalur Lingkar Dramaga.

DRAMAGA – RADAR BOGOR, Mega proyek Jalan Lingkar Dramaga (JLD) Seksi II ditargetkan rampung tahun ini.

Seperti yang diketahui, JLD dibangun untuk mengurangi kemacetan di Jalan Raya Dramaga yang semakin runyam. Tahun ini, Pemkab Bogor mengalokasikan dana hingga Rp47 miliar lewat APBD untuk tiga seksi.

Seksi I dengan panjang 1,15 kilometer menelan anggaran Rp15,76 miliar dan dikerjakan oleh PT Kemang Bangun Persada. Sementara Seksi II sepanjang 2,12 kilometer menelan Rp18,67 miliar dikerjakan PT Bumi Lingkar Selatan.

Satu seksi pembangunan lagi, yakni Jembatan Ciapus sepanjang 30 meter dan lebar 13 meter dianggarkan Rp12,6 miliar dikerjakan PT Yasuba Dwi Perkasa.

“Pengerjaan sudah sampai 95,70 persen. Tinggal nunggu beton keras. Tahun ini selesai. Secara umum sudah bisa dilalui,”kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah Ciomas Asep Suryana, kepada Radar Bogor Rabu (5/12).

Asep juga menambahkan, untuk progres pembangunan Seksi I JLD telah mencapai 82,82% dan Jembatan Ciapus hampir rampung karena pekerjaan sudah 98%. dengan melintasi tiga desa dengan panjang jalan 2870 meter.

“Seksi I JLD tahun depan beton konstrtuksinya dilanjut lagi, dan proyek ini melintas Desa Cihreng, Dramaga, dan Babakan dengan lebar jalan 7 meter,”katanya

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Wawan Haikal Kurdi menegaskan, anggaran besar yang sudah dikucurkan untuk JLD harus dipastikan terpakai maksimal dan jalan memiliki kualitas mumpuni.

“Proyek harus selesai sesuai target, kalau tidak konisi 3 akan memanggil dinas terkait, bahkan, jangan sampai ketika sudah selesai tapi cepat rusak dan ini harus diawasi terus. Jangan asal cepat, tapi harus kuat juga,”pungkasnya. (nal/c)