25 radar bogor

Singkirkan Thailand, Timnas Malaysia Melaju ke Final Piala AFF

Skuat Timnas Malaysia

BANGKOK-RADAR BOGOR, Bomber Thailand Adisak Kraisorn pasti sulit melupakan laga timnya melawan Malaysia dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2018 di Rajamangala National Stadium, Rabu (5/12) malam.

Adisak mendapat tugas mengambil eksekusi penalti yang didapat Thailand di masa tambahan waktu babak kedua, tepatnya di menit 90+5. Adisak gagal. Tendangannya melambung di atas mistar gawang yang dijaga Farizal Marlias. Kegagalan itu membuat skor tak berubah, tetap 2-2 hingga laga usai.

Sebelumnya, Thailand unggul lebih dahulu lewat gol bunuh diri Irfan Zakaria di menit ke-21. Malaysia membalas di menit ke-28 lewat tendangan Syahmi Safari.

Thailand kembali unggul lewat tandukan Pansa Hemviboon pada menit ke-63. Perjuangan Malaysia mencari gol penyeimbang berbuah manis setelah Norshahrul Talaha menjebol gawang tuan rumah pada menit ke- 71.

Hasil imbang 2-2 di leg kedua ini membuat Malaysia berhak ke final karena unggul agregat gol tandang. Pada leg pertama di Kuala Lumpur 1 Desember lalu, kedua tim bermain sama kuat 0-0.

Thailand si juara bertahan pun tumbang. Penantian empat tahun buat Malaysia ke final Piala AFF berakhir. Ya, terakhir kali Harimau Malaya tembus ke puncak adalah tahun 2014, saat harus puas menjadi runner-up.

Di final 11 dan 15 Desember nanti, Malaysia akan berhadapan dengan pemenang laga Vietnam versus Filipina. Vietnam akn bertindak sebagai tuan rumah leg kedua Kamis (6/12) besok dengan modal kemenangan 2-1 di markas Filipina pada leg pertama.(adk/jpnn)