25 radar bogor

Salut! Meski Hari Libur, Kecamatan Tenjo Tetap Laksanakan Rekam KTP-el

Suasana perekaman KTP-el di Kecamatan Tenjo.

TENJO-RADAR BOGOR, Kecamatan Tenjo yang ada di Kabupaten  Bogor  bagian paling barat, tak mau ketinggalan soal perekaman KTP-el. Selama ini, prosesnya perekamanan KTP-el dapat berjalan dengan sangat baik, terutama desa-desa yang aksesnya tak terlalu jauh dari kantor kecamatan.

Di sisi lain, pemerintah kecamatan mengakui, ada beberapa wilayah di Tenjo yang jaraknya cukup jauh. Sehingga mengurungkan niat warga untuk melakukan perekaman KTP-el. Dua desa itu adalah Desa Ciomas dan Tapos.

“Pemerintah Kecamatan Tenjo inisiatif untuk menjemput bola perekaman KTPel. Kami berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengakomodir kebutuhan perekaman di dua desa. Tujuannya, tentu kami ingin meringankan beban warga,” jelas Camat Tenjo, Asnan, kepada Radar Bogor.

Selain faktor jarak, lanjutnya, kesibukan warga pada hari kerja menjadi pemicu sendiri masyarkat tak kunjung melakukan perekaman KTPel. Sementara KTP adalah sesuatu yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Solusinya, perekaman KTPel dilakukan pada hari libur sekalipun.

“Untuk sementara ini ada 310 warga yang sudah melakukan perekaman KTPel. Kegiatan perekaman ini bukan cuma kami laksanakan di Tapos saja, kemarin juga kami laksanakan di Ciomas. Dua desa ini lumayan jauh dari kantor camat,” jelas Asnan.

Asnan berharap, warganya tak lagi kebingungan mengurus berbagai keperluan yang mengharuskan adanya KTPel, terutama menghadapi Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif. Tanpa KTPel, kata Asnan, segala hal-hal yang sifatnya adminstratif rentan terhambat. (rp3/c)