25 radar bogor

Rangkul Kaum Disabilitas, Mantan Kakorlantas Siap Perjuangkan Ini

JAKARTA-RADAR BOGOR,Gerilya calon anggota legislatif (Caleg) untuk bisa meraih dukungan makin gencar dilakukan. Berbagai lapisan masyarakat pun satu persatu diajak untuk berdialog.

Seperti yang dilakukan oleh caleg dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat IV, Irjen Pol (Purnawirawan) Pudji Hartanto Iskandar. Pensiunan polisi itu mencoba mengajak kalangan penyandang disabilitas, utamanya di kawasan Sukabumi, Jawa Barat, untuk duduk bersama demi menyerap aspirasi.

Salah satunya adalah Ketua Nasional Paralimpic Comite Indonesia (NPCI) MPC Sukabumi Andre. Dirinya berharap elite lebih memerhatikan fasilitas sarana dan prasarana bagi penyandang disabilitas.

“Akses (jalan) masih sulit di Sukabumi. Padahal potensi atlet banyak, salah satunya atletik. Sarana dan prasarana belum berpihak pada disabilitas,” ujar Andre di Saung Hegar Rizky, Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (4/12).

Selain sarana dan prasarana, Andre juga mengeluhkan soal Perda yang mengatur soal disabilitas. Menurut dia, selama ini Perda yang ada belum terlalu memihak kepada penyandang disabilitas.

“Lapangan pekerjaan di Sukabumi juga masih kurang bagi penyandang disabilitas,” jelasnya.

Menanggapi itu, Pudji menyambut baik curhatan Andre. Dia mengaku akan mengecek langsung soal ada atau tidaknya Perda yang mengatur soal disabilitas di Sukabumi.

“Saya akan cari tahu ada atau tidaknya Perda disabilitas. Nanti akan saya cari tahu. Intinya saya apresiasi apa yang menjadi keinginan semua,” jelas mantan Kakorlantas Polri ini.

Di sisi lain, Caleg yang tenar dengan sapaan Si Pudji ini merasa sarana dan prasarana bagi para penyandang disabilitas seharusnya sudah tak lagi menjadi persoalan. Salah satu yang dirasa penting adalah trotoar bagi penyandang disabilitas.

“Makanya saya akan perjuangkan agar Sukabumi jadi kahiji. Semuanya akan diusahakan, perda, sarana dan prasarana agar berpihak pada penyandang disabilitas,” terangnya.

(jpg/JPC)