25 radar bogor

BPJS Kesehatan Kembali Dapat Dana Talangan Rp5,2 Triliun

KONSULTASI: Suasana di salah satu kantor BPJS Kesehatan.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah akan kembali menyuntikan dana talangan guna mengatasi defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Untuk tahap kedua ini, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5,2 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani mengatakan, pemerintah telah berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan mengenai hal ini. Dana Rp 5,2 triliun tersebut segera dicairkan.

“Mungkin nanti ditunggu, Insya Allah. Dalam waktu dekat akan dipersiapkan Kemenkeu dan BPJS. Kemenkeu sudah siapkan Rp5,2 triliun, nantinya dikoordinasikan dengan BPJS agar bisa memenuhi kewajibannya hingga akhir tahun,” ujarnya di Nusa Dua, Bali, Rabu (5/12/2018).

Dapat Suntikan Rp5,6 T, BPJS Kesehatan Segera Lunasi Utang

Askolani juga memastikan pihaknya telah meminta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit penagihan iuran oleh BPJS Kesehatan.

“Nanti setelah meeting akan audit sistem di BPJS untuk diverifikasi lagi di BPKP. Kedua, tentunya kewajiban BPJS akan diaudit BPKP untuk menjadi landasan pemerintah menetapkan kewajiban di 2019,” pungkasnya.(srs/JPC)