25 radar bogor

Begini Usulan Komisi Infrastruktur DPR Soal Perluasan Bandara Soetta

JAKARTA-RADAR BOGOR, Rencana perluasan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten dapat lampu hijau dari Senayan. Anggota Komisi V DPR, Bambang Haryo menilai perlusan Bandara Soetta sangat penting sebagai solusi untuk meningkatkan angka perjalanan dan pelayanan pada masyarakat.

Anggota Fraksi Partai Gerindra itu mengungkapkan, proyek reklamasi memang sebaiknya dimanfaatkan untuk infrastruktur publik seperti perluasan Bandara Soetta tersebut. Dia menyebut penggunaan lahan reklamasi untuk pelayanan publik adalah tepat dibanding hanya memanfaatkannya untuk lahan permukiman komersil.

“Ini satu langkah luar biasa bila pulau reklamasi dijadikan fasilitas publik, seperti infrastruktur publik (seperti bandara),” kata Bambang, kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (4/12).

Meski demikian, ia meminta proyek dikerjakan dengan kajian yang matang dan pengawasan ketat agar prosesnya memenuhi semua syarat. Selain itu, Bambang mendorong proyek reklamasi untuk perluasan Bandara Soetta juga diintegerasikan dengan kawasan industri.

Perluasan Bandara Soetta di atas lahan reklamasi ini rencananya dimulai pada 2020. Berdasarkan kajian Angkasa Pura II, diperlukan lahan seluas 2.000 hektare dan investasi Rp 100 triliun untuk perluasan Bandara Soetta.

Perluasan bandara yang sudah beroperasi sejak 1985 itu dilakukan untuk meningkatkan daya tampung penumpang yang diprediksi mencapai 100 juta penumpang pada 2024, dari 63 juta penumpang pada 2017.

Kajian masih terus dilakukan AP II untuk memastikan proyeknya berjalan, bermanfaat, dan memenuhi semua syarat.

Adapun rencana perluasan Bandara Soetta juga didukung Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Republik Indonesia karena akan mendongkrak kunjungan pariwisata, ekonomi, dan menyerap tenaga kerja.

Ketua Pokja Pariwisata KEIN RI, Doni Oskaria, mengatakan bandara di atas lahan reklamasi akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara dan domestik.

Lebih lanjut, Doni mengatakan pembangunan Bandara Soekarno-Hatta 2 akan memberi daya gedor cukup signifikan bagi sektor pariwisata.

“Kita harus mendukung rencana pemerintah dan Angkasa Pura II ini. Bandara adalah salah satu wajah Indonesia di mata Internasional, selain sebagai entry gate untuk berbagai lalu lintas domestik dan internasional,” ujar Doni, yang juga menjabat sebagai Komisaris Garuda.

(ask/JPC)