25 radar bogor

KKB Bunuh 31 Pekerja Proyek yang Ingin Bangun Papua, Polri: Kita Kejar!

ilustrasi brimob

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengecam aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang membunuh 31 pekerja proyek di Kabupaten Nduga, Papua. Perbuatan itu dianggap keji.

Sadis! 31 Pekerja Proyek Jembatan di Papua Dibantai Kelompok Separatis

“Kita sangat menyayangkan aksi dari KKB. Bayangkan, ini adalah pekerja yang ingin membangun Papua, mensejahterakan papua, mereka (KKB) melakukan tindakan keji itu,” ujar Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Ya, KKB selama ini berdalih melakukan tindakannya atas dasar ingin kesejahteraan di Papua. Namun dengan adanya pembunuhan terhadap 31 pekerja yang sedang membangun jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua, Iqbal tak habis pikir apa motif sebenarnya dari kelompok tersebut.

Diduga Bunuh 31 Pekerja Proyek, Anggota Separatis Papua Blokade Jalan

“Bayangkan, pekerja yang tidak berdosa sedang membangun jalan, pelabuhan, fasilitas publik. Kita tidak tahu motifnya apa. Dilakukan penembakan mengakibatkan tewas,” kesal mantan Wakapolda Jawa Timur itu.

Karenanya, Polri dan TNI juga akan bertindak represif dengan adanya kejadian ini. “Kita dan TNI akan bertindak tegas. Kita akan kejar, ada beberapa yang sudah teridentifikasi kelompok mana,” tegas Iqbal.

Sebelumnya, sebanyak 31 pekerja proyek Istaka Karya dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Adapun pembantaian itu terjadi ketika para pekerja sedang membangun jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

“31 orang meninggal dunia,” ujar Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Papua, AKBP Suryadi Diaz kepada JawaPos.com, Senin (3/12).

Kejadian ini dilaporkan masyarakat kemarin sekitar pukul 15.30 WIT. Namun  pembunuhan terhadap para pekerja proyek Istaka Karya tersebut diduga terjadi pada Minggu (2/12). (jpc/ysp)