25 radar bogor

Eddy Soeparno Upayakan Kepemilikan Tanah Pertanian Desa Adil dan Merata

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno bersama kelompok petani.

BOGOR-RADAR BOGOR,Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PAN, Eddy Soeparno mencanangkan pembebasan lahan untuk pertanian secara nasional, tidak terkecuali Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur. Hal ini bertujuan untuk membebaskan para petani yang masih menyewa lahan kepada pemilik tanah.

“Tanah luas tidak boleh dimiliki oleh segelintir orang sehingga memberatkan masyarakat sekitar,” ungkap Kang Eddy, sapaan karibnya, senin (03/12/2018).

Pasalnya, berdasarkan aduan dari masyarakat, para petani tidak hanya dibebani biaya pupuk dan obat-obatan saja namun juga dengan biaya sewa lahan yang ditetapkan oleh pemilik lahan. Atas hal tersebut, biaya produksi para petani kian meninggi.

Disamping itu, para petani juga dihadapkan dilema, di satu sisi mereka membutuhkan lahan untuk bercocok tanam namun di sisi lain pemilik lahan menetapkan harga sewa lahan yang tinggi. Tidak hanya itu, jika tidak mendapatkan lahan tersebut para petani terancam kehilangan pekerjaannya dan terpaksa menggantungkan hidupnya dengan pekerjaan lain.

“Kita sedang merancang agar kepemilikan lahan tidak hanya dimiliki oleh segelintir orang saja,” kata dia.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Kang Eddy mengatakan bahwa kebijakan tersebut harus dilakukan secara nasional. Tidak bisa hanya diterapkan dibeberapa wilayah saja. Mengingat wilayah pertanian Indonesia tersebar hingga ke pelosok dalam negeri.

“Kebijakan ini harus nasional agar merata dan manfaatnya terasa,” jelasnya.

Dengan kebijakan tersebut, Kang Eddy berharap kesejahteraan para petani dapat meningkat dengan terpangkasnya harga sewa lahan petani. Disisi lain, ia juga mengatakan keberpihakan pemerintah kepada para petani harus juga dibarengi dengan subsidi pupuk dan obat-obatan tanaman.

“Pemerintah harus menunjukkan keberpihakannya kepada para petani dan masyarakat kecil dengan pelbagai subsidi agar roda ekonomi kita terus berputar dan menjadi lebih baik,” pungkasnya.