25 radar bogor

Tol Bocimi Seksi I Belum Juga Diresmikan, Ini Kata PT Trans Jabar Tol

Salah satu sudut ruas jalan di Tol Bocimi.

CIAWI – RADAR BOGOR, Persemian Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi) seksi I hingga kini belum ada kepastian.

Seharunys, tol sepanjang 15, 3 kilometer tersebut sudah diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo pada akhir Oktober 2018 lalu.

Pimpinan proyek (pimpro) Tol Bocimi dari PT Trans Jabar Tol ( TJT), Joko Susilo mengatakan, pihaknya hingga detik ini masih belum bisa memastikan rencana peresmian Tol Bocimi yang menelan anggaran Rp1,8 triliun ini.

“TJT juga belum mendapatkan berita soal peresmian. Kita belum dapat memastikan, “ungkapnya kepada Radar Bogor, Selasa (20/11/2018).

Ia menyebut, saat ini penilaian oleh tim gabungan yang terdiri dari Kemenhub, BPJT, Binamarga juga masih terus dilakukan. Adapun penilaian tersebut meliputi kelengkapan jalan dari Tol Bocimi.

“Sudah dicheck kedua kalinya dan dilihat kelengkapan jalannya. Dapat dikatakan sudah mendekati 100 persen, “terangnya.

Ditanya mengenai kepastian dari peresmian Tol Bocimi, Joko mengungkapkan, pihaknya hingga kini hanya diminta untuk mempersiapkan. Hanya saja, untuk pastinya tanggal pelaksanaan belum diketahui secara pasti.

“Betul memang akan diresmikan, tapi kita belum tahu hari H nya kapan. Itu yang susah dipastikan, kita hanya disuruh siap terus, “katanya.

Meski demikian, ia berharap peresmian dan pengoperasian segera dilakukan. Sehingga, pada akhir tahun 2018, tol tersebut sudah dapat dipergunakan.

“Yang menentukan peresmian nanti Kementrian PUPR dan akan di hubungi TJT. Kita tetap menunggu tanggal pasti peresmiannya,” ungkapnya.

Setelah Tol Bocimi seksi I selesai, pihaknya akan melanjutkan pembangunn seksi II dengan rute Cigombong – Cibadak Barat (Sukabumi) dengan panjang 12 km.

“Proyeksinya pengerjaan akan dilakukan Januari 2019, karena memang pembebasan lahannya masih belum dilakukan,” pungkasnya. (rp1/c)