25 radar bogor

Sempat Beroperasi, Bus Transpakuan Cidangiang-Bubulak Kini Mogok Lagi

Lima Peserta Lolos Seleksi Calon Direktur PDJT, Dedie: Banyak Pelamar Bukan dari Bidang Transportasi
Lima Peserta Lolos Seleksi Calon Direktur PDJT, Dedie: Banyak Pelamar Bukan dari Bidang Transportasi

BOGOR – RADAR BOGOR, Setelah sempat beroperasi, Bus Transpakuan jurusan Cidangiang-Bubulak kini mogok lagi. Sudah tiga minggu terakhir, moda transportasi massal kebanggaan warga Kota hujan ini tidak lagi beroperasi.

Plt Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor, Endang Suherman mengatakan, kembali tidak beroperasinya bus yang pertama kali diluncurkan pada 2007 silam itu, karena kendaraan sudah tua dan perlu peremajaan.

Lebih lanjut ia mengatakan, bus Transpakuan yang tak beroperasi mengalami kerusakan di bagian sistem kemudi. “Satu unit bus lagi koplingnya rusak. Sedangkan satu unit lainnya breket AC-nya patah,” ujarnya.

Ia menambahkan, sedang mengupayakan perbaikan. “Kalau sudah beres, pasti akan langsung beroperasi lagi,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, belum bisa memastikan kapan perbaikan rampung, mengingat keterbatasan dana yang dimiliki perusahaannya. “Untuk perbaikan pun membutuhkan waktu yang lama, hampir satu bulan,” terangnya.

Masih kata Endang, sampai saat ini pun belum ada inovasi. Ia pun sebenarnya berharap ada subsidi namun ternyata tidak turun dari dewan. “Subsidi itu akan digunakan untuk bekerjasama dengan koperasi, untuk memperbaiki bus-bus yang rusak, serta menyelesaikan hak pegawai yang belum dibayarkan,” pungkasnya.

Sementara itu, masih ada delapan bus bantuan Kemenhub yang belum digunakan karena keterbatasan anggaran untuk surat perizinan. (cr4/c)