25 radar bogor

Cuaca Ekstrim Hujan Disertai Angin Kencang, Warga Dimbau Waspada Pohon Tumbang

Petugas Disperumkim tengah memangkas pohon-pohon rawan tumbang di Kota Bogor. Nelvi/Radar Bogor

BOGOR – RADAR BOGOR, Memasuki musim hujan, beberapa pohon rawan tumbang di Kota Bogor mulai dipangkas. Terutama, di dekat pusat keramaian.

Kasi Pemeliharaan Taman Disperumkim Kota Bogor, Erwin Gunawan menjelaskan, ada 10 lokasi yang menjadi perhatian diantaranya Jalan Ahmad Yani, Jalan Pemuda, Dadali, Taman Air Mancur, dan Juanda.

Termasuk, Jalan Kapten Muslihat, Pajajaran, Semeru, Sudirman dan Salak. ”Sejak tahun 2016, ada 106 jumlah pohon yang perlu dilakukan penebangan atau toping (potong batang utama),” ujar kepada Radar Bogor.

Menurutnya, penebangan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang karena sudah memasuki musim hujan. Selain itu, karakteristik pohon yang ada bervariatif. Maka dari itu, pihaknya juga selalu melakukan pemeriksaan kesehatan pada pohon.

“Dari data terakhir, ada 101 pohon yang kami lakukan pemeriksaan di empat lokasi di jalan protokol. Ada 58 pohon yang perlu dilakukan peruning atau pemangkasan untuk mengurangi beban pohon. Sementara, ada 41 yang harus dilakukan toping,” tuturnya.

Teranyar, bagian pertamanan juga memangkas dahan – dahan pohon yang dianggap rawan tumbang di kawasan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah. (dka/c)