25 radar bogor

Peringati Maulid Nabi, Warga Dramaga Arak 25 Dongdang

KEAGAMAAN:

DRAMAGA-RADAR BOGOR, 25 Dongdang berbentuk miniatur perahu, masjid dan becak yang berisi sayur mayur, uang, seperangkat alat sholat diarak warga Kampung Dramaga Situ Leutik, Desa Dramaga, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor.

Pawai Dongdang tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan dalam memperingati Maulid Nabi yang ke 1440 Hijriah yang dihadiri Camat, Kapolsek Dramaga dan tokoh masyarakat.

Panitia Maulid Nabi, Arof Akbar mengatakan, sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya warga di RW 06, menggelar kegiatan Maulid Nabi di Masjid Al Azis. Terbukti, animo masyarakat akan peringatan Maulid Nabi sangat tinggi dengan banyak dondang yang diarak.

“Dongdang yang diarak keliling kampung dihias berbentuk miniatur masjid, perahu, dan becak yang berjumlah 25 dongdang,” ujar Arof.

Ia menambahkan, setelah diarak lalu dikumpulkan di Masjid Al Azis. Dongdang yang berisi peralatan rumah tangga, uang, sayur mayur hingga peralatan sholat dibagikan ke jemaah yang hadir.

Tidak hanya warga sekitar, jemaah yang hadir di acara Maulid Nabi ada juga dari Banten, Pamijahan, dan luar Kecamatan Dramaga.

“Satu Minggu sebelum Maulid Nabi, warga sudah menghias Dongdang tersebut. Satu Dongdang nominalnya ada yang mencapai Rp5 juta sampai Rp10 juta,” pungkasnya.(adi/pojokbogor)