25 radar bogor

Kembali Ajukan Penambahan Modal ke Pemkab Bogor, Dewan Tunggu Hasil Laporan PT Sayaga

BADAN USAHA:

CIBINONG-RADAR BOGOR, PT Sayaga Wisata, kembali mengajukan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Pengajuan PMP PT Sayaga ini pun mulai dibahas DPRD Kabupaten Bogor.

Sayangnya, pembahasannya di tingkat panitia khusus (pansus) DPRD ini dihadapkan dengan sejumlah hambatan. Pasalnya, hingga kini PT Sayaga Wisata belum memberikan laporan alokasi PMP awal sebesar Rp75 miliar.

Wakil Ketua Pansus PMP PT Sayaga Wisata, Yuyud Wahyudin mengatakan, dewan akan melakukan kajian terkait pemberian PMP tambahan untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bogor itu.

Belanja Lebih Besar dari Pendapatan, APBD 2019 Kabupaten Bogor Defisit Rp400 Miliar

Terpenting, PT Sayaga terlebih dahulu memberikan laporan terkait alokasi anggaran PMP yang diberikan Pemkab Bogor tahun lalu. “Pertama, realistis atau tidak permintaannya. Alokasi penyertaan modal yang lalu harus dilaporkan terlebih dahulu,” jelasnya saat ditemui Radar Bogor di Komplek Pemkab Bogor, Jumat (16/11).

Bukan hanya berdasarkan laporan alokasi dari PT Sayaga Wisata, menurutnya Tim Pansus juga akan menghadirkan tim independen yang sudah melakukan kajian terkait investasi dari PMP PT Sayaga Wisata.

“Kajian investasi yang dilakukan tim independen juga perlu. Akan kami minta tim independen hadir dalan rapat untuk memaparkan hasil kerjanya,” terang Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bogor itu.

Dari laporan yang dipaparkan PT Sayaga Wisata, nantinya terlihat sejumlah problem yang tengah di hadapi. Termasuk mengenai mangkraknya pembangunan proyek Hotel Sayaga di tepian jalan Tegar Beriman. “Kami belum dengar secara resmi tentang masalah yang sekarang ini,” kata Yuyud.

Sementara itu, Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan bahwa PMP untuk PT Sayaga Wisata sebesar Rp157 miliar terbagi atas Rp78 miliar berupa aset, serta Rp79 miliar berupa uang. “Karena ada kajian akademis. Peraturan mempersyaratkan ada kajian (untuk PMP, red),” singkatnya.(fik/c)