25 radar bogor

Sering Terjadi Kecelakaan, Warga Lebakwangi Tambal Jalan Raya Parung

DITAMBAL:

PARUNG–RADAR BOGOR, Merasa prihatin seringnya pengendara menjadi korban akibat Jalan Raya Parung banyak yang berlubang, telah membangkitkan hati warga Kampung Lebakwangi RT 03/02, Desa Lebakwangi, Kecamatan Parung, untuk bertindak.

Salah satunya Andika. Dengan sukarela dia menutup lubang jalan nasional tersebut. Apa yang dilakukannya itu bisa jadi sebagai sindiran bagi pemerintah.

Sebab, bersama warga lainnya, mereka rela menyisihkan sedikit uangnya untuk memperbaiki jalan raya Parung-Bogor yang berlubang.

Padahal, perbaikan maupun pembangunan jalan nasional tersebut kewenangan pemerintah. Namun, apa yang dilakukan mereka ini atas inisiatif untuk menekan angka kecelakaan yang terjadi di jalan tersebut.

Kepada Radar Bogor, Andika menuturkan jika perbaikan ini murni inisiatifnya bersama warga. Sebab, tidak jarang kecelakaan terjadi. Seperti di tikungan Lebakwangi. “Kalau saya bilang, setiap hari di jalan ini minimal tiga pengendara motor yang jatuh,” tuturnya.

Menurutnya, korban terjatuh setelah terjerambab lubang yang memiliki kedalaman sekitar 30 sentimeter dengan panjang 3 meter. “Saya juga tidak tega melihatnya. Setiap hari saya selalu nolongin. Warung saya persis ada di depan jalan rusak itu,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala UPT Jalan dan Jembatan VIII, menyebut jika kewenangan perbaikan ada di tangan pemerintah pusat. “Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR,” terangnya.(cr3/c)