25 radar bogor

Prediksi Persela vs Arema FC: Bungkam Singo Edan, Persela!

Persela siap membungkam Arema FC di Surajaya (perselafootball.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Persela Lamongan pernah punya catatan buruk saat jumpa Arema FC di Stadion Surajaya. Mereka kesulitan menang walaupun bermain di depan LA Mania. Tetapi, itu adalah rekor lawas. Sejak dua tahun terakhir Persela selalu menang atas Arema FC di Surajaya.

Persela cukup percaya diri untuk memenangkan pertandingan yang akan berlangsung di Surajaya, Jumat (16/11) malam itu. Rasa percaya diri itu timbul karena skuad asuhan Aji Santoso memiliki rekor bagus saat berjumpa Arema FC di Lamongan.

Mereka selalu menang dalam dua laga terakhir. Pada ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 lalu, Persela mengalahkan Arema FC 2-0. Kemudian Laskar Joko Tingkir-julukan Persela menggilas Arema FC 4-0 di Liga 1 2017.
Persela Lamongan, Arema FC, Liga 1 2018
Arema FC ingin mengulang hasil pada pertemuan pertama (Bayu Eka Novanta/Radar Malang)

“Saya juga ingin mempertahankan rekor Persela yang belum terkalahkan di kandang. Selain itu, kami harus mendapatkan tiga poin untuk kembali ke papan tengah,” tegas legenda hidup Persebaya Surabaya tersebut.

Aji Santoso tahu tidak mudah untuk mengalahkan Arema FC. Apalagi tim bermarkas di Kanjuruhan itu berhasil bangkit bersama pelatih anyar Milan Petrovic. Selain Petrovic, kekuatan Arema FC bertambah dengan masuknya pemain baru.

Arema FC sukses mendatangkan sejumlah pemain Sriwijaya FC seperti Hamka Hamzah, Makan Konate dan Alfin Tuasalamony. Menurut Aji, para pemain anyar ini membawa perubahan besar di Arema FC.

“Saya sangat yakin dan optimistis anak-anak bisa menjalankan apa yang saya instruksikan di pertandingan nanti. Walaupun harus bekerja keras, kami akan meraih tiga poin di kandang sendiri,” tegas eks pelatih Persik Kediri ini.

Dalam laga ini, Persela harus kehilangan dua pemain belakangnya, Arif Satria dan Birrul Walidain. Keduanya absen karena akumulasi kartu kuning. Kabar baiknya, Laskar Joko Tingkir bisa menurunkan Saddil Ramdani.

Masuknya Saddil membuat Persela memiliki banyak pilihan pada posisi penyerang sayap. Akan tetapi, Aji masih menimbang mengenai siapa yang pas untuk bermain sebagai starter lawan Arema FC.

Mantan pelatih Tim Nasional (Timnas) U-23 Indonesia ini juga memberikan perintah khusus untuk striker utama Loris Arnaud. “Ini adalah pertandingan penting. Saya berharap Loris mencetak gol,” tegas Aji.

Sementara itu, Arema FC dipastikan pincang di Lamongan. Mereka kehilangan Dedik Setiawan dan Bagas Adi Nugroho lantaran memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Arema juga tak bisa menurunkan Sunarto, Rivaldi Bawuo, dan Jayus Hariono.

Bukan hanya itu, seperti halnya Persela, Arema FC juga tim yang jago kandang. Mereka tiak pernah kalah di Kanjuruhan. Namun rekor itu tidak berlaku ketika away. Arema FC telah mengalami sebelas kekalahan dari 15 laga tandang.

Selain itu, Arema FC tak ubahnya “singa ompong” ketika bermain di kandang lawan. Hendro Siswanto dan kawan-kawan hanya mencetak 13 gol saja ketika away. Sedangkan gawang mereka sudah 23 kali dibobol lawan.

Petrovic berharap catatan negatif itu terhenti di Lamongan. Sebab Arema FC juga membutuhkan poin untuk masuk ke jajaran papan atas. “Jika kami ingin mendapatkan poin kami harus mencetak gol lebih dahulu,” tegasnya.

Rekor Pertemuan
07/07/18 Arema FC vs Persela: 1-0
20/01/18 Arema FC vs Persela: 2-2
16/09/17 Arema FC vs Persela: 2-0
21/05/17 Persela vs Arema FC: 4-0
06/11/16 Arema FC vs Persela: 3-0
18/07/16 Persela vs Arema FC: 2-0
01/09/15 Arema FC vs Persela: 1-1
25/10/14 Arema FC vs Persela: 4-0
08/10/14 Persela vs Arema FC: 2-2
11/01/14 Persela vs Arema FC: 0-2
22/05/13 Persela vs Arema FC: 0-0
14/04/13 Arema FC vs Persela: 2-0
11/07/12 Persela vs Arema FC: 3-1
06/12/11 Arema FC vs Persela: 0-1

5 Laga Kandang Terakhir Persela
Persela vs PSM: 1-1
Persela vs Bhayangkara: 2-0
Persela vs PSIS: 1-1
Persela vs Barito Putera: 2-1
Persela vs Sriwijaya FC: 3-0

5 Laga Tandang Terakhir Arema FC
Persib vs Arema FC: 2-0
Persipura vs Arema FC: 1-0
PSM vs Arema FC: 2-1
Bhayangkara FC vs Arema FC: 0-0
PSIS vs Arema FC: 2-1

Perkiraan Susunan Pemain
Persela Lamongan: Dwi Kuswanto, Samsul Arifin, Eky Taufik, M. Zaenuri, Wallace Costa, Syahroni, Ahmad Subagja Baasith, Gian Zola, Diego Assis, Saddil Ramdani, Loris Arnaud
Pelatih: Aji Santoso

Arema FC: Utam Rusdiana, Hamka Hamzah, Arthur, Alfin Tuasalamony, Johan Alfarizi, Hendro Siswanto, M. Rafli, Makan Konate, Jefri Kurniawan, Dendi Santoso, Ahmad Nur Hardianto
Pelatih: Milan Petrovic

Prediksi JawaPos.com:
Persela Menang: 40%
Arema FC Menang: 30%
Imbang: 30%

(saf/JPC)