25 radar bogor

Hanya Terima Rp266 Ribu, Warga Cigudeg Protes Pengurangan Dana PKH

Ilustrasi bansos PKH
Ilustrasi bansos PKH

CIGUDEG–RADAR BOGOR, Program bantuan pemerintah sangat rentan dipungli oleh oknum tertentu. Seperti program keluarga harapan (PKH) di Kecamatan Cigudeg, yang nominal bantuan turun.

Kondsi ini jelas menuai protes dari para penerima. Mereka mempertanyakan alasan menurunnya jumlah uang yang mereka terima. Penerima PKH seharusnya mendapat jatah Rp500.000 setiap kali pencairan.

Namun, sekarang penerima PKH yang mayoritas dari kalangan keluarga tidak mampu hanya menerima Rp266.350.

Dana Program Rp500 Juta Dirampok, PKH Lima Desa di Leuwiliang Terhambat

Salah seorang penerima PKH dari Desa Cigudeg, menuturkan, selama ini ia telah menerima dana PKH sebanyak tiga kali melalui pendamping program pemerintah pusat tersebut.

Namun, ia tak mengerti kenapa dana PKH di Cigudeg menurun di akhir tahun. Biasanya, ia menerima uang PKH sebanyak Rp500.000. Tetapi, pencairan terakhir hanya menerima Rp266.350.

“Yang lain juga sama nilainya berkurang. Kalau kata orang-orang, dananya dipotong untuk disisihkan bagi korban gempa di Palu,” kata penerima PKH yang namanya tidak mau disebutkan.

Dikonfirmasi, Kasi Kesra Kecamatan Cigudeg, Siti Latifah membenarkan penurunan nominal PKH. Menurut dia, penurunan ini terjadi di pencairan tahap empat, dan sudah disosialisasikan kepada penerima manfaat PKH melalui pendamping.

“Per tahun itu setiap keluarga menerima sekitar Rp1.8 juta. Hanya saja dibagi dalam beberapa tahap, dari mulai tahap 1, 2, dan 3. Nah untuk tahap 1, 2, dan 3, kita sudah bagikan kepada para penerima. Totalnya Rp500.000. Untuk tahap empat kami bagikan sisanya,” terangnya.(cr3/c)