25 radar bogor

Belum Diperbaiki, Longsor di Mulyaharja Ancam Keselamatan Warga

LONGSOR:

BOGOR–RADAR BOGOR, Longsor yang terjadi di RT 01/08 Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, hingga Kamis (15/11/2018) masih dibiarkan begitu saja. Kondisi ini sangat berbahaya bagi pengendara yang ingin melintasi Jalan Raya Cibeureum. Padahal, tanah terus mengikis sejak Minggu (11/11).

Terlebih, penerangan yang minim membuat para pengendara harus ekstra hati–hati saat melintas. “Ngeri juga kalau yang tidak tahu jalan di sini bisa masuk jurang,” singkat salah seorang warga, Budi Arifin (44) saat ditemui di lokasi, kemarin.

Menanggapi masalah tersebut, Camat Bogor Selatan, Sudjatmiko mengatakan, jalan Cibeureum aktif sering dilintasi warga. Terlebih, akses alternatif menuju Cikaret termasuk menuju Mulyaharja.

“Kami sudah memasang water barier untuk mengkanalisasi, agar dapat mengarahkan kendaraan agar tidak terperosok. Untuk perbaikan konstruksi tentu akan ditindaklanjuti oleh instansi terkait,” paparnya pada Radar Bogor kemarin (15/11).

Lebih lanjut ia mengatakan, sudah mengajukan perbaikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor lewat anggaran biaya tak terduga (BTT).

Sementara itu, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bogor, Budi Hendrawan mengatakan, amblesnya jalan tersebut diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi. Sehingga, air meluap dari aliran drainase yang ada di pinggir jalan.

“Saat ini, turap yang ada di bawah jalan tergerus air. Setelah itu, longsor mengakibatkan sulitnya akses warga di daerah tersebut. Kami sudah melakukan upaya dengan assessment di lokasi kejadian,” tukasnya.(dka/c)