25 radar bogor

Sempat Molor, Pengoperasian Tol Bocimi Ditarget Akhir November

Penampakan salah satu ruas jalan Tol Bocimi saat dibuka untuk arus mudik beberapa waktu lalu.

BOGOR-RADAR BOGOR, Masyarakat Bogor dan Sukabumi, hingga kini masih menantikan kapan beroperasinya Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi satu yang kini terus dikebut PT Trans Jabar Tol (TJT).

Sebab, sesuai jadwal pada akhir Oktober 2018 lalu, jalur bebas hambatan ini sejatinya sudah diresmikan Presiden Indonesia Joko Widodo. Namun, hingga sekarang belum ada tanda-tanda pengoperasian. Meski uji layak fungsi tol Bocimi sudah dilakukan.

Pimpinan Proyek (Pimpro) Tol Bocimi dari PT TJT, Joko Susilo menjelaskan, untuk uji layak operasi (ULO) tol sepanjang 15,3 kilometer tersebut sudah dilakukan.

Pembukaan Tol Bocimi Tak Jelas, Peresmian Akhir Oktober Batal

Namun, masih terdapat beberapa kendala untuk pengoprasiannya. “Kendala saya rasa untuk pengoprasian yaitu kelengkapan jalan yang belum seluruhnya terpasang,” katanya kepada Radar Bogor, kemarin (14/11).

Di antaranya lampu lalu lintas yang belum terpasah seluruhnya. Kemudian curah hujan yang tinggi menyebabkan pekerjaan belum bisa dioptimalkan. “Harusnya Agustus tuntas, tapi karena ada kendala jadi Oktober baru selesai,” terangnya.

Di sisi lain, konstruksi Tol Bocimi sangat unik karena curah hujan tinggi. Sehingga, galian-galian konstruksi harus dilakukan dengan skala besar.

Akhir Oktober Tol Bocimi Diresmikan Jokowi, Lanjut Sesi Dua Cigombong-Cibadak

“Pekerjaan tanah itu tidak bisa kena hujan, kan kalau basah tidak bisa dipadatin. Tapi sudah kami atasi semua. Itu yang sebenarnya yang agak merepotkan pengerjaan,” jelasnya

Lalu kapan waktu pengoperasian Bocimi? “Sebenarnya kami inginnya akhir November, tapi semuanya tergantung dari tim penilai. Tim, penilai itu gabungan dari Dinas PU, Binamarga, BPJT, Kemenhub,” terangnya.(rp1/c)