25 radar bogor

Pembangunan Jalur Tambang Belum Jelas, Ini Saran DPRD Kepada Pemkab Bogor

Suasana jalur truk tambang

CIBINONG-RADAR BOGOR, Rencana pembangunan jalur khusus tambang di wilayah Utara Kabupaten Bogor, hingga sekarang belum jelas. Meski wacana ini sudah sering digelontarkan pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Lantaran belum jelasnya rencana pembangunan jalur tambang ini, DPRD Kabupaten Bogor mendesak Pemkab Bogor terlebih dahulu memberlakukan aturan jam operasional jalur tambang.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Egi Gunadhi Wibhawa menjelaskan, usulan mereka ini sudah diberlakukan di Kabupaten Tangerang. Yaitu mengatur, operasional kendaraan besar hanya diperbolehkan mulai pukul 22:00 WIB hingga 05:00 WIB.

Pengendara Motor Tewas Tergilas Truk Tambang, Warga Parung Panjang Blokir Jalan Lagi

“Di Kabupaten Bogor belum ada aturan tersebut. Kami secara pribadi sudah menyampaikan itu. Tidak tahu di internal pemerintah sudah sejauh mana,” jelasnya kepada Radar Bogor, Rabu (14/11).

Meski begitu, menurutnya, Pemkab Bogor tetap harus bijaksana untuk membuat aturan yang melindungi kedua belah pihak, yakni masyarakat dan pengusaha tambang.

Belakangan, kata Egi, DPRD Kabupaten Bogor juga menyampaikan kepada Bupati Bogor Nurhayanti untuk segera menindaklanjuti rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait pembangunan jalur tambang.

Pemprov Jabar Prioritaskan Pembangunan Jalur Tambang di Kabupaten Bogor, Begini Dukungan Pemkab

Pemkab Bogor harus campur tangan karena ada beberapa bagian jalan Kabupaten Bogor yang terkena rute jalur tambang. “Karena jalur yang digunakan banyak menggunakan jalur Pemkab Bogor. DPRD Kabupaten Bogor juga akan dilibatkan karena akan melintas di jalur Kabupaten Bogor,” terangnya.(fik/c)