25 radar bogor

Mengenang Jejak Perjuangan Mayor Oking di Kecamatan Jonggol

HARI PAHLAWAN:
HARI PAHLAWAN: Muspika Kecamatan Jonggol, saat ingin melakukan upacara memperingati hari Pahlawan di monumen Mayor Oking, akhir pekan lalu.

JONGGOL-RADAR BOGOR, Ada beberapa peninggalan sejarah para pahlawan di Kabupaten Bogor, yang harus diketahui masyarakat. Salah satunya di Kecamatan Jonggol. Di wilayah Timur Kabupaten Bogor ini ada beberapa jejak perjuangan Mayor Oking dan Kapten Soemantri, yang tak asing bagi masyarakat Jonggol.

Namannya yang diabadikan menjadi nama jalan di Kota dan Kabupaten Bogor ini menjadi kisah yang dipetik dihari pahlawan.

“Jonggol saat itu dipimpin Kapten Oking, sebagai komandan kompi IV Tentara Rakyat Indonesia dari markas di alun-alun Jonggol,” kata Danramil 2107/Jonggol, Mayor Inf Aris Nazarudin Latif, saat memimpin peringatan hari pahlawan akhir pekan lalu.

Menurutnya, Jonggol saat masa penjajahan, menjadi titik perlawanan perang gerilya sejak 9 Desember 1945. Di tempat inilah, banyak pejuang gugur dan berhasil memukul mundur Belanda. Pada tahun 1970an.

Dikatakannya, tidak ada yang yang melebihi nilai perjuangan persatuan dalam menjagannya. Dengan demikian, kata dia, pahlawan menitipkan amanah agar terus bersama mejaga persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

“Bangsa besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa para pahlawannya. Mari bersatu bersama menjaga persatuan bangsa demi menciptakan masyarakat madani,” terangnya.(don/c)