25 radar bogor

Lagi, Sampah Di Kali Baru Numpuk

BOJONGGEDE-RADARBOGOR, Kabupaten Bogor seperti tak ada habis di­rundung persoalan. Setelah jalan rusak dimana-mana, kini giliran sampah yang muncul diamana-mana. Seperti yang terjadi di Kali Bambu kuning Desa Bojong Baru Kecamatan Bojonggede.

Sudah cukup lama sampah me­numpuk di aliran sungai tersebut dan menghambat aliran sungai, hampir seluruh permukaan sung­ai tersebut tertutupi sampah. Bahkan karena banyak sampah menumpuk pemulung pun bisa berdiri di atas sampah.

Warga setempat bukannya tak peduli dengan kondisi tersebut, melainkan hanya bisa pasrah ka­rena kondisi tersebut terus beru­lang.
“Habis dibersihkan paling dua bulan, ya be­gitu lagi sam­pah menum­puk,” ujar Dahlan (40), salah satu warga sekitar Kali baru.

Kondisi Kali Baru yang tertutu­pi sampah sudah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir. Terlebih bila kondisi hujan, sam­pah-sampah tersebut bisa melu­ber hingga ke pinggiran jalan.

”Itu kalau hujan, bisa sampai ke jalan-jalan,” kata dia.

Sampah yang menggunung di Kali Baru terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari sampah pelastik hingga kayu dan ranting pohon. Sampah ini berasal dari Pasar Bojonggede dan juga war­ga dari beberapa wilayah yang membuang sampah seenaknya.

“Sudah lama tak melihat air yang mengalir, tetapi melihat sampah saja,” pungkasnya (khr/b/mam)