25 radar bogor

Hasto Yakin Secara Tak Langsung SBY Dukung Jokowi-Ma’ruf AminHasto Yakin Secara Tak Langsung SBY Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyambut baik kebijakan Ketua Umum Demokrat yang membebaskan kadernya memilih Jokowi - Maruf atau Prabowo - Sandi. (igman/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Kebijakan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang membebaskan kadernya memilih pada Pilpres 2019, mendapat sambutan positif dari Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Kebebasan itu secara otomatis membolehkan kadernya untuk memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno atau Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Meskipun sebelumnya Demokrat sudah ada di gerbong oposisi.

“Kami tentu mengapresiasi itu, mengingat Pak SBY dalam mengambil keputusan ada pertimbangan yang matang,” ujar Hasto di Posko Rumah Cemara, Jakarta, Rabu (14/11).

Hasto juga mengatakan, dengan membebaskan kadernya di Pilpres 2019 ini bisa diambil kesimpulan Demokrat mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Ini juga menunjukkan dukungan ke Jokowi-Ma’ruf secara tidak langsung sebenarnya telah diberikan oleh Demokrat,” katanya.

Lebih lanjut anak buah Megawati itu mengatakan, Jokowi-Ma’ruf yang selalu unggul elektabilitasnya ketimbang Prabowo-Sandi, membuat Partai Demokrat menjadi galau, hingga akhirnya membebaskan kadernya pada pilpres mendatang.

“Mengingat kebebasan tersebut berangkat dari realitas berdasarkan hasil survei dan juga dukungan kepala daerah,” pungkasnya.

Sebelumya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengaku sudah mengetahui ada kader-kader yang tidak ingin mendukung Prabowo-Sandi.

Sehingga dia tidak mempermasalahkan adanya dukungan yang diberikan kader Partai Demokrat terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin. Kader yang berbeda sikap dengan keputusan Partai Demokrat pun tidak diberikan sanksi.

(ce1/gwn/JPC)