25 radar bogor

BMKG Prediksi Hujan Lebat 5 Hari ke Depan, Waspada Banjir dan Longsor

Ilustrasi Cuaca Hujan

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sebagian besar wilayah Indonesia telah diguyur hujan selama beberapa pekan terakhir. Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan berpotensi menimbulkan bencana.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo menjelaskan, dalam lima hari ke depan curah hujan dengan intensitas lebat masih terus berpeluang terjadi.

“Dapat berpotensi mengakibatkan bencana Hidrometeorologi antara lain genangan, banjir, longsor, banjir bandang, dan puting beliung,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (15/11/2018).

Dia menerangkan, kondisi cuaca didasarkan oleh analisis dinamika atmosfer di mana menguatnya massa udara dari Asia dan Australia mempengaruhi pembentukan daerah tekanan rendah dan pola-pola sirkulasi di sekitar wilayah Indonesia.

“Selain itu, aliran massa udara basah dari Samudra Pasifik dan Samudera Hindia yang masuk ke wilayah Sumatera, Jawa hingga Kalimantan, Sulawesi Utara, dan Maluku Utara turut mendukung pertumbuhan awan hujan,” terang dia.

Melihat kondisi tersebut, BMKG memprediksi potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode tiga hari ke depan 15-19 November 2018.

Wilayah yang akan mengalami potensi tersebut antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

“Sedangkan potensi gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter diperkirakan terjadi di Perairan Enggano-Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan Selatan Jawa,” tambah Prabowo.

Lebih lanjut, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, puting beliung, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. (yes/JPC)