25 radar bogor

Pemuda Kemang Dibekali Ilmu Politik

dok.metropolitan.id

KEMANG-RADARBOGOR , Para pemillih pe­mula yang ada di Kecamatan Kemang, Senin (12/11) kemarin, diberikan pemahaman money politik atau Politik uang, yang saat ini menjadi senjata dalam ajang pertarungan Pileg yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang.

Pemilih pemula yang terdiri dari organ kesiswaan Paskibraka, Pramuka dan Osis ini diberikan bekal soal politik, serta beberapa pemahaman lainnya.

“Mereka juga diajarkan soal menangkal politik uang,” ujar Anggota DPRD Kabupaten Bogor Egi Gunahdi yang hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut.

Dia pun menyampaikan fungsi dan kinerja DPRD kewajiban un­tuk konsituen ketika sudah terpi­lih. Karana menurutnya jangan sampai mereka tidak memahami tersebut.

“Intinya mereka harus memahami betul apa politik agar partisipasi mereka saat pileg dan pilpres lebih meningkat,” kata Egi.

Terpisah, Kasie Bina Politik Dan Kelembagaan Kesbangpol Kabu­paten Bogor Sujana membatah kegiatan tersebut tidak ada ke­terlibatan Kesbangpol Kabupaten Bogor disalah satu partai atau caleg. “Gak ada kita murni mem­berikan pemahaman Politik untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula,” kata Sujana.

Meski diterpa isu tak sedap ke­giatan yang dilaksanakan di 40 Kecamatan yang baru diselang­garakan itu 35 Kecamatan, Kes­bangpol akan tetap melaksanakan kegiatan itu.

“Yah mungkin ada yang salah multitafsir jadi salah meng­artikan. Namun kami akan tetap melaksanakan program ini. Tujuan­nya tadi untuk meningkatkan par­tisipasi pemilih pemula yang di­targetkan 80 persen dari 100 persen,” kata dia.(khr/b/mam)