25 radar bogor

Ketika Insan-insan Ilmu dan Teknologi Kelautan Bertemu

BOGOR-RADAR BOGOR, Dua organisasi terkait Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) yaitu Himpunan Alumni Ilmu dan Teknologi Kelautan (Haitek) dan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka) bekerjasama menggelar Temu Warga Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) Lintas Angkatan yang di Kebun Raya Bogor, (11/11).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara warga ITK dari angkatan pertama (angkatan 23) sampai angkatan 54.

Ketua Panitia, Bagus Suryokusumo mengatakan kegiatan ini diawali dengan jalan pagi sehat mengelilingi Kebun Raya Bogor, dilanjutkan sesi games interaktif berbagi pengalaman kehidupan pasca kampus oleh alumni kepada mahasiswa ITK. Kegiatan ini diikuti 250 peserta yang terdiri dari alumni, mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan ITK.

Sesi diskusi menghadirkan Dr. Krisna Samudra yang saat ini menjadi pejabat eselon dua di Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Anisa Budiayu, M.Sc, Manager Program Kelautan, The Nature Conservancy (TNC). Keduanya menekankan pentingnya metodologi dalam suatu penelitian, apapun itu termasuk penelitian untuk skripsi mahasiswa S1. Hal ini terkait dengan pengaruh judul skripsi terhadap peluang kerja yang sempat ditanyakan mahasiswa.

Hadir juga Kaisar Akhir, M.Sc alumni ITK yang baru saja meraih gelar master of science di World Maritime University, Swedia. Menurutnya kegiatan yang mempertemukan mahasiswa dan alumni ITK ini sangat berguna untuk berbagi motivasi, pengalaman dan wawasan kepada mahasiswa untuk memperkuat hubungan dan jejaring antar alumni dan sesama mahasiswa.

“Harapannya lulusan ITK akan jadi lebih siap, percaya diri dan memahami langkah yang akan ditempuh pasca kampus untuk lanjut studi S2 ataupun bekerja di bidang kelautan,” imbuhnya.(**/Zul)