25 radar bogor

Dinyatakan Tidak Pailit, Akhirnya Merpati Kembali Mengudara

PENERBANGAN:

JAKARTA-RADAR BOGOR, Setelah lama vakum, akhirnya maskapai penerbangan milik negara Merpati Airlines kembali akan mengudara. Sebelumnya rencana kembali mengudaranya Merpati itu telah disampaikan Presiden Direktur Merpati Nusantara Airlines Asep Ekanugraha.

Kembali mengudaranya Marpati, diperkuat hasil keputusam Majelis Hakim Pengadilan Niaga Surabaya yang mengabulkan proposal perdamaian PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) (MNA). Dengan demikian, Merpati bisa terbang lagi.

“Majelis Hakim mengesahkan proposal perdamaian Merpati,” kata Corporate Secretary Perusahaan Pengelola Aset (PPA) Edi Winarto kepada wartawan, Rabu (14/11/2018).

Edi menegaskan, jika proposal perdamaian kepada kreditur disetujui Majelis Hakim, maka Merpati tidak pailit. Maskapai ini pun bisa mengudara lagi. “Artinya, kalau disetujui proposal perdamaian perusahaan tidak jadi pailit,” tuturnya.

Setelah proposal perdamaian dikabulkan, kata dia, masih ada proses yang harus dilalui Merpati untuk terbang lagi. Rencana yang diajukan dalam proposal perdamaian harus dilaksanakan agar Merpati mengudara lagi.

“Prosesnya masih panjang, kan baru rencana perdamaian, kan perlu ada implementasi pelaksanaan dari proposal perdamaian tersebut. Jadi memang masih panjang,” kata Edi.

Suntikan modal dari PT Intra Asia Corpora sebesar Rp6,4 triliun juga belum bisa langsung dilakukan. “Modal belum, dan itu proses juga, memang tidak semudah membalikkan tangan,” terangnya.

Sebelumnya Presiden Direktur Merpati Nusantara Airlines, Asep Ekanugraha mengatakan, jika dalam sidang PKPU Merpati dinyatakan layak untuk bangkit lagi, hal itu menjadi titik awal perseroan untuk bisa kembali mengudara setelah empat tahun vakum sejak 1 Februari 2014.

“Kami berkeyakinan dan optimis bakal kembali terbang tahun depan. Semua persiapan, terutama dana operasional, sudah kami dapatkan komitmennya,” jelas Asep.(pn/ara/fdl)