25 radar bogor

Ciliwung Tercemar, Banyak Sampah Membusuk di Belakang Istana

BOGOR–RADAR BOGOR,Sungai Ciliwung melintasi Kota Bogor. Termasuk, Istana Bogor. Namun, hal itu tak menjamin akan bersih. Buktinya, Tim Satuan Tugas Naturalisasi Sungai Ciliwung Kota Bogor mendapati pemandangan yang miris berupa penumpukan berbagai jenis sampah.

Sekretaris Tim Satgas Natura­lisasi Sungai Ciliwung Kota Bogor, Een Irawan Putra menga­takan, penyusuran yang dilaku­kan sebagai tindakan awal sebelum memulai peker­jaan naturalisasi. Sehingga diperlu­kan penglihatan situasi serta kondisi di lapangan.

“Sebelum membuat rencana kerja­nya,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (13/11).

Dia menceritakan, bersama tim penyusuran dimulai dari Jembatan Sukamulya Kelurahan Sukasari hingga Jembatan Biru dekat kantor Kelurahan Sempur.

Sepanjang perjalanan yang dilakukan selama lima jam itu, dia menjumpai sampah berserakan, baik timbunan maupun sampah yang sudah bertahun-tahun.

Dengan dibentuknya Tim Satgas Naturalisasi Ciliwung Kota Bogor, Een berharap warga masyarakat, khususnya yang tinggal di bantaran kali bisa sama-sama mendukung. Salah satunya dengan tidak membu­ang sampah, apalagi sampah kotoran manusia ke sungai.

“Mari kita kawal bersama niatan baik Bapak Wali Kota Bogor untuk naturalisasi Cili­wung di Kota Bogor, Kota Bogor harus menjadi pionir dalam penataan sungai di Indonesia,” pungkasnya.(gal/c)