25 radar bogor

Bangunan Sekolah Ambruk, Siswa SDN Tipar Sukabumi Terpaksa Belajar di Teras

MEMPRIHATINKAN:
MEMPRIHATINKAN: Siswa SDN Tipar di Kampung Tipar, Desa Nangerang, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, terpaksa belajar di teras lantaran bangunan sekolahnya ambruk.

SUKABUMI–RADAR BOGOR, Pasca ambruknya bangunan ruang kelas V milik SDN Tipar di Kampung Tipar, RT 14/3, Desa Nangerang, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, memaksa puluhan siswa di sekolah tersebut harus mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di teras sekolah.

Hal itu dilakukan karena seluruh bagian atap, seperti bajaringan dan asbes berjatuhan.

“Sebanyak 27 siswa kelas V harus rela mengikuti KBM di teras ruang kantor dengan cara lesehan,” jelas Operator SDN Tipar, Encep Maulana saat dihubungi Radar Sukabumi (Grup Pojokjabar) melalui telepon selulernya, Selasa (13/11).

Pihaknya merasa prihatin melihat puluhan siswa kelas V harus rela melakukan proses KBM dengan cara lesehan. “Terlebih lagi, saat ini tengah memasuki cuaca ekstrim. Sehingga, kalau lagi hujan teras basah karena air hujan masuk,” ujarnya.

Pihak sekolah terpaksa melakukan proses KBM di teras kantor sekolah tersebut, lantaran bangunan lokal kelas yang dimiliki SDN Tipar tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada.

“Kalau dipaksakan, kasian mereka tidak akan fokus belajar karena berdesakan. Terlebih lagi, dua lokal kelas. Yakni kelas 1 dan kelas 3 saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Selain genting dan plaponnya banyak yang bocor, juga kayu penyangganya sudah lapuk akibat termakan usia. Sehingga saat hujan deras dikhawatirkan ambruk,” tandasnya.

Untuk itu, ia berharap kepada pemerintah dapat segera membantu untuk membangun kembali gedung sekolah yang ambruk tersebut.

“Material bangunan yang ambruk itu, sudah dibersihkan oleh warga dan komite sekolah. Mudah-mudahan, pemerintah segera meninjau ke sini dan membangun kembali gedung yang ambruk ini. Sehingga proses KBM di SDN Tipar dapat berjalan maksimal,” pungkasnya.(radar sukabumi/den)