25 radar bogor

Ada Kerusakan, Pesawat Wings Air Rute Makassar – Kolaka Putar Balik

ilustrasi pesawat Wings Air. (dok.Jawapos)

MAKASSAR-RADAR BOGOR,Pesawat Wings Air, member of Lion Air Group dengan kode penerbangan IW rute Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (UPG) tujuan Bandar Udara Sangia Nibandera, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (PUM) mengalami kerusakan. Pesawat itu kemudian putar balik ke bandara asal.

Penerbangan IW-1206 dioperasikan menggunakan ATR 72-500 registrasi pesawat PK-WFS telah lepas landas dari Makassar pukul 08.00 WITA sesuai jadwal keberangkatan, dengan membawa 65 penumpang beserta dua pilot dan dua pramugari.

Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan kondisi tersebut. Namun, dia menyebut apa yang dilakukan oleh pilot telah dijalankan sesuai dengan prosedurnya.

“Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base/ RTB), dikarenakan technical yang harus segera dilakukan pengecekan. Hal ini sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP),” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (14/11).

Danang menyebut pesawat tersebut telah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight).

“Pesawat sudah mendarat dengan sempurna pada 09.00 WITA di Bandar Udara Sultan Hasanuddin. Setibanya di Makassar, seluruh penumpang diarahkan dan dibawa menuju ruang tunggu terminal, guna mendapatkan informasi lebih lanjut.
Pilot dan teknisi langsung berkoordinasi serta kerjasama untuk melakukan penanganan, pengecekan serta pemeriksaan pada pesawat,” ungkapnya.

Saat ini, Wings Air telah menerbangkan kembali seluruh penumpang dengan nomor IW-1206D pukul 11.05 WITA, menggunakan pesawat Wings Air lainnya yaitu ATR 72-500 registrasi PK-WGF. Pesawat sudah tiba di Kolaka pukul 12.10 WITA.

Saat ini, pesawat tersebut sudah kembali mengudara dari Kolaka menuju Makassar pukul 12.25 WITA dengan nomor penerbangan IW-1207. Pesawat telah mendarat pukul 13.16 WITA di Makassar.

“Wings Air akan meminimalisir dampak yang timbul agar operasional Wings Air lainnya tidak terganggu,” tandasnya.

(hap/JPC)