25 radar bogor

Prestasi Paduan Suara Mahasiswa D’Voice Harumkan IPB

Paduan Suara Mahasiswa (PSM) D’Voice bersama Rektor IPB Dr Arif Satria.
Paduan Suara Mahasiswa (PSM) D’Voice bersama Rektor IPB Dr Arif Satria.

BOGOR-RADAR BOGOR, Berbagai prestasi Paduan Suara Mahasiswa (PSM) D’Voice mengharumkan nama Institut Pertanian Bogor (IPB), khususnya Sekolah Vokasi (SV).

Rektor IPB, Dr. Arif Satria  memberikan apresiasi yang tinggi atas pencapaian prestasi PSM  D’Voice  SV IPB dan menyambut dengan sangat baik undangan D’Voice untuk merekam lagu-lagu yang diciptakan Rektor IPB.

“Saya berharap agar prestasi PSM D’Voice ke depan semakin baik,” kata Rektor IPB saat jamuan bersama jajaran SV IPB dan anggota PSM D’Voice, Minggu (10/11) di Rumah Makan Roof Park, Bogor.

Ketua PSM D’Voice,  Adisa Ramdhanty mengatakan PSM D’Voice dibentuk 12 tahun yang lalu. Dalam perjalanannya PSM yang menjadi kebanggaan SV-IPB tersebut telah menorehkan prestasi baik di level nasional maupun internasional.

Prestasi tersebut diantaranya, Winner of folklore category, Gold prize for mixed choir category and Special award for the authentic interpretation of folk song, 29th International Choral Festival and Competition 2015.

Prague  Czechoslovakia, Gold prize for folklore category and Silver prize for mixed choir category, 10th Anniversary of a Voyage of Songs, International Choral Festival 2013,

Juara II pada Festival Paduan Suara XXXIII di Institut Teknologi Bandung (ITB) 2017 dan  2nd place gold medal for mixed choir category dan 4th place gold medal for folklore category.

“Serta berhasil masuk dalam jajaran pemenang untuk penampilan di Absolute Winner dalam Festival Paduan Suara Gita Buana Sudirman III Universitas Soedirman (Unsoed) yang baru saja dilaksanakan pada bulan Oktober 2018,” papar Adisa.

Pada bulan September yang lalu, di bawah binaan Staf Pengajar  SV IPB, Santianing Anggraini, SP, MM  PSM D’voice juga sukses menyelenggarakan Konser Tahunan Ketujuh bertajuk “Gracia De La Voz” di Balai Resital Kartanegara, Jakarta. Dalam konser tersebut mereka menyanyikan lagu “Mahasiswa” yang diciptakan oleh Rektor IPB.

Pada kesempatan yang sama Dekan SV IPB, Dr. Ir. Arief Daryanto, DipAgEc, M.Ec menambahkan PSM D’Voice merupakan organisasi kemahasiswaan yang tepat bagi mahasiswa yang mempunyai talenta dalam bernyanyi.

“Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi yang dimiliki oleh para mahasiswa. Dengan PSM ini kami berharap dapat meningkatkan promosi, prestasi dan reputasi bagi diri anggota paduan suara, SV-IPB dan IPB. Sejauh ini D’Voice telah menoreh prestasi yang membanggakan.”

Lebih lanjut Dr. Daryanto mengatakan, Kegiatan D’Voice dan kegiatan klub kemahasiwaan yang lain dalam bidang olah raga dan seni lainnya di SV-IPB sangat kami dorong perkembangannya. Melalui kegiatan seni dan olah raga, para mahasiswa dapat melatih soft skills mereka dalam menciptakan tim kerja yang gigih, berani, sportif, berani mengambil keputusan dan risikonya.

Disamping itu melalui kegiatan semacam ini para mahasiswa dapat melatih jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan. Hadir pula dalam pertemuan tersebut Wakil Dekan SV-IPB Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Sekolah Vokasi IPB, Dr. Ir. Wawan Oktariza, MS. (ADr/ris)