25 radar bogor

Perkuat Sinergi, IPB Kembali Gelar Forum Silaturahmi Alumni 

Himpunan Alumni (HA) IPB kembali menggelar agenda rutin Forum Silaturahmi Alumni (FSA) di Jakarta, Jumat (9/11/2018).

BOGOR-RADAR BOGOR, Himpunan Alumni (HA) IPB kembali menggelar agenda rutin Forum Silaturahmi Alumni (FSA) di Jakarta, Jumat (9/11). Ini adalah FSA ke-3 yang digelar tahun  ini  dengan menghadirkan puluhan alumni dari berbagai profesi dan latar belakang yang dirangkaikan dengan peluncuran Program Mentoring Leader Batch I.

“Kami terus  berupaya agar potensi alumni dari berbagai profesi bisa disinergikan untuk membangun kebersamaan, almamater, bangsa dan negara,” kata Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) HA IPB,  Fathan Kamil ketika membuka FSA III.

Sejumlah alumni dari kalangan pelaku usaha, profesional, jajaran direksi badan usaha milik negara (BUMN), perusahaan swasta nasional dan multinasional hingga yang berkarir di birokrasi turut hadir.

Dikatakan, sinergi para alumni sangat diperlukan karena pengalaman dan profesionalisme yang sudah diperoleh sangat bermanfaat bagi sesama alumni. Selain itu, dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan IPB maka sinergi bersama bisa dioptimalkan dengan calon alumni IPB.

Ketua Bidang Jejaring Alumni HA IPB, Dudi S. Hendrawan menjelaskan FSA I sudah digelar pada Mei 2018 lalu dengan mengajak sejumlah alumni yang berkarir di kementerian dan lembaga pemerintahan. Saat FSA I, sejumlah alumni IPB yang berkarir di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian menjadi tuan rumah.

Untuk FSA II, lebih difokuskan pada alumni-alumni IPB yang berkarir sebagai direksi di jajaran badan usaha milik negara (BUMN), perusahaan swasta dan para pelaku usaha (entrepreneur). FSA II ini juga dibuat bersamaan dengan ajang halal bi halal (HBH) antar alumni IPB. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehuatanan (LHK) Siti Nurbaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara yang digelar di Auditorium Manggala Wanabakti, Kompleks Kementerian LHK, Jakarta, (12/7) lalu.

Dalam FSA III ini, HA IPB juga meluncurkan Program Mentoring Leader Batch I sebagai ajang kaderisasi dan pendampingan calon-calon pemimpin masa depan. Potensi alumni yang cukup besar diharapkan bisa memberikan motivasi bagi lulusan IPB. “Ini salah satu bentuk kontribusi kami sebagai alumni kepada adik-adik dalam meningkatkan kapasitas dan daya saing lulusan IPB,” ujar Fathan.

Dijelaskan, Program Mentoring Leader ini melibatkan alumni yang memiliki rekam jejak dan prestasi terbaik dalam bidangnya masing-masing. Para alumni itu bersedia mendidik dan melatih (coaching) selama satu tahun periode mentorship.

Untuk Mentoring Leader Batch I, sebanyak 30 mentor alumni IPB dari berbagai profesi akan memberikan pelatihan kepada 70 orang mentee  (peserta program) terpilih yang saat ini sedang menyelesaikan kuliah di IPB.

Koordinator Program Mentoring Leader Jamil Azzaini mengatakan para mentee telah diseleksi melalui mekanisme dan standar rekrutmen yang ketat antara lain pengalaman berorganisasi, prestasi akademik dan nonakademik, karya tulis bertema rencana sukses masa depan serta uji kompetensi lain.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Dr.  Drajat Martianto dan Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan dan Keuangan IPB, Prof. Dr. Agus Purwito yang hadir dalam kesempatan itu bersama Direktur Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB,  Dr. Heti Mulyati, S.TP., M.T, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir, Dr. Alim Setiawan dan jajaran pimpinan IPB lainnya memberi apresiasi atas kegiatan HA IPB.

Diharapkan semua potensi alumni bisa digerakkan melalui berbagai program untuk memperkuat kualitas lulusan IPB. Apalagi, IPB sendiri tengah melakukan sejumlah terobosan untuk menaikkan peringkatnya di Asia dan dunia internasional. (*/ris)