25 radar bogor

Mahasiswa Sekolah Bisnis IPB Juarai Sociopreneur Plan Competition di National Economic View 2018

Tiga mahasiswa Sekolah Bisnis, Institut Petanian Bogor (SB IPB) berhasil meraih Juara 1 Sociopreneurship Lean Canvas Competition dalam National Economic View 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Sabtu (10/11).

BOGOR-RADAR BOGOR, Tiga mahasiswa Sekolah Bisnis,  Institut Petanian Bogor (SB IPB) yaitu Dystiana Putri Abistha, Adharilya Hidayati, dan Desviana Amalia Ramadhani berhasil meraih Juara 1 Sociopreneurship Lean Canvas Competition dalam National Economic View 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Sabtu (10/11).

Kegiatan yang bertemakan “Revolusi Industri 4.0 dalam Menunjang Sociopreneurship di Indonesia” ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di  Indonesia.

Dysti dan tim  melihat adanya permasalahan pada petani florikultur di daerah Cianjur yang terus mengalami kerugian akibat sifat produk pertanian yang mudah rusak serta penurunan pendapatan karena adanya pengaruh kemacetan di daerah tersebut.

“Kami berinisiatif mengembangkan sebuah produk bernama Delonix berbentuk sabun berbahan dasar bunga yang telah dikeringkan. Produk Delonix ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi para petani florikultur Cianjur dan alternatif produk kecantikan bagi konsumen. Selain dipasarkan melalui offline channel seperti salon kecantikan, hotel, dan pusat oleh-oleh, produk Delonix ini juga memanfaatkan sarana e-marketing seperti melalui berbagai e-commerce dan website sebagai respon perkembangan dunia digital dan industri 4.0 di Indonesia,” papar Dysti.

Selain melalui Tim Delonix, Tim IPB lainnya yang terdiri dari Aulia Anggriani, Agna Amalia Rachmat, dan Diana Natalia Simanungkalit yang merupakan mahasiswa aktif semester tiga  program sarjana Sekolah Bisnis (SB) IPB juga berhasil dinobatkan sebagai pemenang Best Advertisement Video dalam kompetisi nasional bergengsi ini.

Adapun ide bisnis yang ditawarkan yaitu produk Luce yang merupakan lilin aromaterapi berbahan dasar ampas kopi dan teh dengan mitra teman tuli di Kota Bogor. Capaian prestasi kedua Tim IPB dalam ajang National Economic View 2018 ini semakin membuktikan bahwa IPB terus berupaya mewujudkan visinya menjadi techno-socio-entrepreneur university. (Ach/ris)