25 radar bogor

Penyelesaian Jalur Lingkar Dramaga Molor Lagi, Salahkan Faktor Cuaca

Camat Dramaga sedang meninjau proyek pengerjaan Jalur Lingkar Dramaga.

DRAMAGA – RADAR BOGOR, Pekerjaan proyek Jalur Lingkar Dramaga (JLD) hingga kini belum rampung. Jalur yang rencananya dioperasikan Oktober itu pun molor dari target yang diharapkan.

“Pengamatan saya di lapangan, yang membuat jalur ini belum selesai karena faktor alam seperti cuaca. Dalam beberapa bulan terakhir ini hujan selalu turun. Sebagian tanah-tanah di jalan terkena longsoran-longsoran ringan. Sehingga harus dipadatkan kembali. Karenanya waktu pengerjaan jadi bertambah,” kata Camat Dramaga Adi Herdiyana saat meninjau pelaksanaan pembangunan JLD, kemarin.

Selain cuaca, ada juga faktor yang membuat keterlambatan seperti banyaknya medan-medan yang berbentuk rawa-rawa atau persawahan. Karenanya diperlukan pengurugan dan pemadatan tanah yang akhirnya membuat pengerjaan lebih lama dari target yang diharapkan.

“Itu jelas berpengaruh. Ini kan ada tiga seksi pengerjaan dengan kontraktor yang berbeda-beda. Contohnya di seksi dua. Tadinya sudah dibuat pengerasan, tiba-tiba amblas karena ada pergeseran tanah. Akhirnya bikin gorong-gorong dulu,” sambungnya.

Ketika disinggung masalah keuangan, Adi tak banyak bicara. Urusan keuangan, kata dia, bisa ditanyakan langsung kepada PPK yang menjadi penanggung jawab utama. Sebab, fungsi kecamatan hanya sebatas pengawasan teknis di lapangan.

“Bupati memang berharap agar jalan ini cepat selesai. Kalau obrolan sementara dengan para pekerja dan kontraktor, diharapkan akhir tahun ini sudah bisa diresmikan. Awal tahun depan semoga bisa digunakan. Ini adalah jalan kebanggaan masyarakat Dramaga. Sudah delapan tahun dinantikan, semoga 2019 sudah bisa digunakan,” pungkas Adi. (cr3)