25 radar bogor

Penyebar Hoax Penculikan Anak, Polri: Pelakunya Mayoritas Emak-Emak

ilustrasi penyebaran hoax dan ujaran kebencian

JAKARTA-RADAR BOGOR, Polri bergerak cepat menangkap penyebar hoaks penculikan anak. Ada 16 tersangka penyebar hoaks penculikan anak yang ditangkap. Ironisnya, penyebar hoaks penculikan anak-anak itu didominasi ibu rumah tangga alias emak-emak.

Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menuturkan, yang memprihatinkan dari 16 tersangka penyebar hoaks penculikan anak itu sebagian besar merupakan ibu-ibu. Dalam pemeriksaan diketahui mereka hanya iseng dalam menyebarkan hoaks tersebut. ”Jangan seperti itu,” tuturnya.

Padahal, penyebaran hoaks tersebut bisa menimbulkan ketakutan. Bahkan, bisa terjadi hal lain yang jauh lebih buruk. ”Orang yang baca kan merasakan itu, lalu meresponsnya,” papar jenderal berbintang dua tersebut.

Menurutnya, kejadian tersebut memberikan kesadaran bahwa ibu-ibu perlu mendapatkan literasi digital. Media sosial merupakan ruang publik yang perlu batasan dan filter dalam menggunakannya. ”Tapi tidak hanya penyebar yang ditangkap,” paparnya.

Namun, pembuat konten hoaks tersebut juga akan ditangkap kepolisian. Tentu untuk mengetahui apa tujuannya dan sebagainya. ”Kita masih cari,” papar mantan Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Wakabaintelkam) Polri tersebut.(idr)