25 radar bogor

Mimpi Warga Cijapuh Miliki Jalan Jadi Kenyataan

CIGUDEG-RADARBOGOR , Mimpi warga Kampung Cijapuh, Desa Wargajaya, Kecamatan Cigudeg untuk memiliki jalan penghubung antar kampung kini terjawab sudah. Pembukaan jalan baru yang dibangun sejumlah warga dan pemerintah desa setempat, merupakan jalur alternatif menuju pusat pelayanan Kantor Kecamatan Cigudeg.

Kepala Desa Wargajaya, Eman Suryatman menyatakan, saat ini, pekerjaan pembukaan jalan secara manual, menggunakan peralatan seadanya dengan melibatkan ratusan masyarakat sekitar dan sudah rampung sepanjang 200 meter. Pengerjaan pembukaan akses jalan penghubung antar kampung ini, dengan perencanaan sepanjang lima kilometer dengan pengerjaan secara bertahap. Sekira 350 Kepala Keluarga (KK) warga Kampung Sijapuh menginginkan pembukaan jalan sejak lama.

”Kami merencanakan pembukaan jalan lingkar Kampung Cijapuh Cianger kaum, mengharapkan bahwa prosesnya pembukaan jalan tersebut bisa maksimal,” ujar Eman, kemarin. Menurutnya, proses pengerjaan akses jalan dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahap dua, menurut dia, tantangan tersendiri dalam pengerjaan pembukaan jalan ini lantaran mulai seringnya turun hujan.

Dia menegaskan faktor cuaca dan seringnya hujan turun, tetapi tidak menyurutkan semangat warga untuk bergotong royong demi mewujudkan impian, yakni memiliki insfrastruktur yang layak.

”Bahwa pekerjaan dengan lebar 5 meter ini langsung pada pengerasan sampai badan jalan, kendati bisa dilaksanakan guna membantu percepatan pembukaan jalan,” ucapnya lagi.

Sementara itu tokoh masyarakat setempat, Apipudin menuturkan, akses jalan ini merupakan impian warga Cijapuh selama puluhan tahun. Untuk itu, kata Apip, dengan adanya pembukaan akses jalan secara otomatis dapat memudahkan masyarakat untuk bertani, anak anak hendak kesekolah maupun untuk aktivitas warga lainnya.

”Yang perlu kami sampaikan dengan terealisasinya pembangunan jalan, kami ucapkan terima kasih pada pemerintah desa wargajaya, dan pihak pihak lainnya yang sudah meresfon impian terbesar masyarakat, yaitu membuka jalan baru,” pungkasnya. (kmg/b/suf)