25 radar bogor

Eggi Sudjana Klaim Dubes RI di Arab Tak Beri Pembelaan ke Habib Rizieq

Eggi Sudjana(tengah memakai kopiah hitam), saat menggelar Konferensi pers menjelang kepulangan Habib Rizeq Shihab, Sabtu (10/2) (Ridwan/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Arab Saudi disebut tidak memberikan pendampingan hukum ataupun pembelaan kepada Habib Rizieq Shihab saat menjalani pemeriksaan terkait dugaan pemasangan bendera kalimat tauhid di kediamannya. Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Eggi Sudjana mengklaim, pihak Kedubes RI tak mengutus tim apapun untuk membela kliennya. Informasi itu didapat langsung oleh Habib Rizieq saat menjalani pemeriksaan.

“Ini siapa yang bohong Menlu bilang tak ada jaminan, tapi Dubes bilang ada bahkan mengutus seperti Kopassus yang dari Kedubes itu. Padahal dibantah sama Habib tak ada,” kata Eggi di D’Hotel, Jakarta Selatan, Minggu (11/11).

Dengan adanya fakta itu, Eggi menyakini bahwa pemasangan bendera Tauhid di kediaman Habib Rizieq merupakan operasi senyap dari intelijen. Tujuannya, kata Eggi adalah untuk mengkriminalisasi kliennya itu.

“Jadi poinnya, operasi intelijen targetnya Habib celaka, Habib dideportasi sehingga bisa meruntuhkan wibawa,” jelas Eggi.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan telah melakukan komunikasi dengan memerintahkan KBRI untuk melakukan pendampingan dan pengayoman kepada Rizieq Shihab.

Pada Selasa, 6 November 2018, Dubes RI langsung memerintahkan Diplomat Pasukan Khusus (Dippassus) yang merupakan gugus tugas reaksi cepat untuk berangkat ke Makkah untuk memastikan kabar tersebut.

(rdw/JPC)