25 radar bogor

Terus Diguyur Hujan Lebat, Bendung Katulampa Sempat Siaga 3

Ilustrasi ketinggian air di Bendung Katulampa.

BOGOR-RADAR BOGOR,Hujan deras yang mengguyur kawasan hulu sejak Minggu (11/11) siang membuat debit air di Bendung Katulampa meningkat. Bahkan tercatat sempat berada pada posisi siaga 3 dengan ketinggian 100 sentimeter. Namun saat ini sudah kembali turun siaga 4.

Kepala BPBD DKI Jakarta Jupan Royter mengatakan debit air di Bendung Katulampa naik pada pukul 15.00 WIB. Ketinggian air pertama terpantau setinggi 70 cm kemudian pada pukul 15.40 WIB naik menjadi 90 cm.

Air terus naik pada pukul 16.30 WIB tercatat mencapai ketinggian 100 cm. Namun pada pukul 17.00 WIB ketinggian air kembali turun menjadi 90 cm. Dan saat ini berada pada ketinggian 70 cm.

“Tadi sempat naik jadi siaga 3, tapi sekarang sudah siaga 4 atau normal lagi,” kata Jupan, saat dihubungi JawaPos.com, Munggu (11/11).

Ia menambahkan kondisi tersebut belum terlalu menghawatirkan. Namun pihaknya tetap memantau kondisi Bendung Katulampa, karena bedampak langsung dengan Jakarta melalui aliran Sungai Ciliwung.

“Sekarang masih aman, kalau siaga 2 SOP-nya baru kami kirim SMS blash kepada semua pihak terkait untuk lebih waspada, mulai dari RT, RW, lurah, camat dan pihak terkait lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, pihaknya mencatat semua pintu air dalam kondisi normal atau siaga 4. Namun sebelumnya Pintu Air Pasar Ikan juga sempat berstatus siaga 3 dengan ketinggian air 180 cm pada pukul 16.30 WIB.

Pintu air yang juga sempat berada pada posisi iaga 3 yakni Sunter Hulu dengan ketinggian 160 cm pada pukul 17.00 WIB. “Kita berdoa agar hujan cepat berhenti,” tnadasnya.

(dik/JPC)