25 radar bogor

PAN Siapkan 7 Nama Pengganti Taufik Kurniawan, Ini Daftarnya

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (duduk memakai rompi oranye), saat akan dibawa ke rumah tahan untuk menjalani penahanan perdanannya di Rutan C1 KPK Jakarta, Jumat (2/11) (Intan Piliang/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Setelah ditahan oleh lembaga anti rasuah, Partai Amanat Nasional (PAN) mencari sosok pengganti Taufik Kurniawan untuk menduduki jabatan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Partai besutan Amien Rais itu mengklaim telah mengkantongi 7 nama terbaik dari internal kader.

Demikian disampaikan oleh Sekjen PAN Eddy Soeparno di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya Nomor 35, Jakarta, Jumat (9/11). Adapun nama-nama yang disampaikan Eddy merupakan tokoh yang memiliki rekam jejak panjang dalam politik.

Empat nama yang berasal dari Wakil Ketua Umum PAN adalah Mulfachri Harahap, Hanafi Rais, Totok Daryanto dan Viva Yoga. Selain itu ada juga berasal dari Ketua Fraksi PAN MPR RI Alimin Abdullah. Sedangkan dari pimpinan komisi DPR RI antara lain Ali Taher dan Teguh Juwarno.

Eddy mengaku akan melakukan seleksi 1 dari 7 nama yang telah berkembang tersebut. Dia memastikan, nama yang akan dipilih memiliki track record yang telah mumpuni.

“Kita ingin tokoh yang rekam jejaknya baik, senior di parlemen, memiliki skill komunikasi yang baik dengan sesama anggota parlemen dan pemerintah dan merupakan anggota senior di partai,” ungkap Eddy.

Tak hanya itu, Eddy bilang, nama-nama itu juga akan diseleksi langsung oleh Ketua Dewan Pertimbangan PAN Amien Rais. Akan tetapi keputusan siapa yang akan dipilih tetap hak prerogratif Ketua Umum Zulkifli Hasan.

“Proses pergantian (Taufik) itu harus ada komunikasi dengan Pak Amien. Meminta masukan dan saran dari beliau dan saya yakin ini adalah proses organisasi. Keputusan akhir akan ada di tangan ketum,” tuturnya.

Karena itu, dirinya memprediksi nama pengganti Taufik akan segera diumumkan setelah masa reses DPR RI selesai. Termasuk juga surat resmi pergantian jabatan dari PAN kepada pimpinan parlemen.

“Kami berharap di dalam masa persidangan berikut kita sudah bisa mendapatkan pergantian pimpinan DPR,” pungkasnya.

(aim/JPC)