25 radar bogor

Tiga Sekolah di Kota Bogor Berpotensi Juara LSS Tingkat Provinsi

Penyerahan kenang-kenangan kepada Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Wilayah I Tingkat Provinsi Jawa Barat bertandang ke Kota Bogor, Kamis (08/11/2018).
Penyerahan kenang-kenangan kepada Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Wilayah I Tingkat Provinsi Jawa Barat bertandang ke Kota Bogor, Kamis (08/11/2018).

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Wilayah I Tingkat Provinsi Jawa Barat bertandang ke Kota Bogor, Kamis (08/11/2018).

Kedatangan tim beranggotakan lima orang ke Balai Kota Bogor, Jalan Ir. Juanda tersebut disambut antusias jajaran Tim Pembina UKS Kota Bogor dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang dipimpin langsung Plt. Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat (Ekbangkesra) Setda Kota Bogor, Iman.

Rombongan tim penilai yang dipimpin Saepuloh ini memang sudah ditunggu kehadirannya untuk menilai tiga sekolah sehat yang menjadi wakil Kota Bogor di LSS Tingkat Provinsi. Sebut saja TK Bogor Raya, SD Kawung Luwuk dan SMP Negeri 5 Bogor. Ketiganya merupakan juara satu LSS Tingkat Kota 2018 yang pada kesempatan tersebut memaparkan program UKS kepada tim penilai Provinsi Jawa Barat.

Ketua Tim Penilai LSS Wilayah I Provinsi Jawa Barat, Saepuloh mengatakan, terlihat dari pemaparan tiga sekolah tersebut sangat luar biasa. Pasalnya, ketiganya memaparkan dengan begitu rinci dari mulai keadaan sekolah, kegiatan UKS dan sudah memanfaatkan teknologi. Sehingga pihaknya tinggal melakukan survey ke sekolah secara langsung.

“Kalau dari pemaparan tadi banyak hal menariknya. Seperti pemakaian istilah lucu untuk memudahkan siswa mengingat sekaligus menumbuhkan kesadaran terkait kesehatan,” ujarnya.

Ia menuturkan, pada penilaian LSS ini mengacu pada sepuluh indikator. Sebut saja luas sekolah, raungan kelas, ventilasi udara, toilet, kantin, perpustakaan, laboratorium, ruang UKS dan lainnya. Jika sepuluh indikator tersebut sudah terpenuhi maka pihaknya akan melihat terobosan-terobosan dari sekolah yang membuat siswa menjadi nyaman, aman dan sehat.

“Saya melihat tiga sekolah ini berpotensi untuk juara di Tingkat Provinsi seperti TK Akbar yang bahkan berhasil menjadi juara Nasional. Harapan kami sekolah berprestasi ini membawa dampak pada sekolah lain agar hidup sehat dan bersih itu menjadi karakter dan budaya di lingkungan sekolah,” jelasnya.

Plt. Asisten Ekbangkesra Setda Kota Bogor, Iman mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sangat mendukung dan optimis tiga sekolah ini bisa lolos di tingkat provinsi jika melihat persiapan yang telah dilakukan sekolah serta program dan bukti fisik di lapangannya.

Apalagi Kota Bogor melalui TK Akbar untuk pertama kalinya berhasil menjadi juara satu tingkat nasional. Sehingga tentunya prestasi tersebut harus dipertahankan dengan terus melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah untuk semakin termotivasi hidup bersih dan sehat.

“Harapan kami semua sekolah di Kota Bogor baik TK, SD, SMP, SMA terbiasa dengan pola hidup sehat,” pungkasnya. (fla/hari-SZ)