25 radar bogor

RT 01 RW 12 Kampung Semplak Lebak Kelurahan Bubulak Galakkan Kerja Bakti Tiap Minggu

BOGOR–RADAR BOGOR,Kekompakan antarwarga menjadi andalan Kampung Semplak Lebak RT 01/12 Kelurahan Bubulak Kecamatan Bogor Barat. Tak heran kebersihan di lingkungannya dapat terjaga. Keindahan juga terlihat karena penataan yang baik.

Ketua RT 01/12 Idris mengatakan, hal itu dapat terwujud karena digalakkan program kerja bakti di setiap minggunya. Bukan hanya warga, para santri dari pesantren yang ada di lingkungan tersebut juga turut andil. Musuh utama yaitu sampah plastik, karena sifatnya sulit diurai dan membahayakan di masa mendatang.
“Kalau sampah organik kita bakar atau kita olah menjadi pupuk, karena kita juga sudah membuat lubang biopori di setiap rumah warga,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (8/11).

Selain itu, lanjut dia, saat ini tangki septik warga juga menjadi satu lokasi. Program yang telah lima tahun berjalan itu berdampak pada sumur resapan warga yang cenderung lebih bersih.

“Tidak ada kendala saat program itu berjalan, alhamdulillah saat ini menjadi tertata baik dan masyarakat juga menerima hasilnya sekaligus terhindar dari penyakit,” terangnya.

Idris menegaskan kebersihan akan terus diprioritaskan pada lingkungannya. Pengelolaan sampah yang sudah berjalan pun akan semakin ditingkatkan. Sebab saat ini warga memiliki kesadaran untuk memilah sampah organik dan non-organik. Sehingga, hasilnya bisa dimanfaatkan kembali untuk kepentingan warga membersihkan lingkungan.

“Hasil penjualan sampah daur ulang untuk kepentingan warga membersihkan lingkungan, sebagian lagi disumbangkan ke pesantren untuk kegiatan keagamaan,” pungkasnya.

(gal/c)