25 radar bogor

Hujan Disertai Angin Kencang, Jalur Puncak Cisarua Rawan Pohon Tumbang

Pohon tumbang di Jalan Raya Puncak Cisarua beberapa waktu lalu.

CISARUA – RADAR BOGOR, Cuaca saat ini dengan curah hujan cukup tinggi disertai angin dan petir, membuat Jalur Puncak Cisarua rawan terjadi pohon tumbang.

Kepala Unit Damkar Ciawi, Nendri, menyebut hujan yang disertai angin kencang berpotensi membuat sejumlah pohon tumbang. Seperti yang terjadi beberapa waktu di Jalan Raya Puncak.

“Warga harus tetap waspada, karena musim penghujan ini rentan pohon tumbang. Untuk antisipasi dan penanganan bencana, kita sudah menyiagakan petugas,” ujarnya kepada wartawan.

Sementara, Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono R. Prabowo menyampaikan, curah hujan akan meningkat mengingat melemahnya aktivitas aliran massa udara kering dari Australia.

Selain itu, curah hujan juga dipengaruhi terbentuknya area pertemuan angin di wilayah Jawa dan masih adanya pola sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Perairan Barat Sumatera, Kalimantan dan Perairan Kep.

Bahkan, Prabowo seperti dilansir dari situs resmi BMKG, dalam tiga hari ke depan konsentrasi curah hujan meluas ke wilayah Jawa.

“ Ini disebabkan adanya perlambatan dan area Pertemuan angin yang memanjang dari Jawa bagian Timur hingga Barat. Sehingga meningkatkan kelembapan udara di wilayah Jawa,” terangnya.

Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode beberapa hari ke depan. (dkw)