Beranda Bogor Raya

Warga Keluhkan Pembangunan Jembatan Cilame-Citereup

dok.metropolitan.id

CIGUDEG-RADARBOGOR, Pembangunan Jembatan Cilame-Citeureup yang menghubung­kan antar kampung di Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor yang mulai dikerjakan baru-baru ini menuai keluhan pengguna jalan, pengen­dara roda dua dan empat serta warga setempat. Sebab, pembangunan ter­sebut menutup secara total akses jalan setempat, namun tidak disertai pem­buatan jembatan darurat bagi warga yang akan melintas. Imbasnya, aktivi­tas perekonomian warga pun terham­bat.

Untuk jalur alternatif terdekat, pengen­dara motor harus melewati jembatan bambu dengan kondisi tidak layak. Kondisi jalan akan berubah sangat licin ketika hujan turun, karena terbuat dari bambu. Sedangkan pengguna roda empat tidak ada lagi jalan alternatif, sehingga terpaksa menum­puk.

“Jembatan ini merupakan akses ut­ama perekonomian dan aktivitas warga sehari-hari. Tapi kontraktor kok tidak membuat jembatan darurat un­tuk akses perekonomian warga,” keluh staf Desa Sukamaju, Dahyudin, kema­rin. Menurut dia, pembangunan jem­batan yang dilaksanakan Kontraktor CV Prasaja Raya Utama ini telah dimu­lai sejak empat hari lalu. Pekerjaan pembangunan jembatan dilaksanakan pada 19 Oktober. Sudah pelaksanaan telat, ditambah kontraktor pelaksana tidak musyawarah terlebih dulu dengan warga dan pemerintah desa mengenai jalan darurat.

“Kalau seperti ini susah semua, apalagi sampai ada warga yang sakit dan melahirkan bagaimana, sia­pa yang bertanggung jawab,” keluhnya.

Sementara itu, pengawas UPT PUPR wilayah 6 Cigudeg, Taupik Munandar, mengatakan, pembuatan jembatan darurat mutlak diperlukan demi ke­mudahan akses warga, mengingat jembatan ini menjadi akses utama untuk menggerakkan semua sektor.

“Memang tidak ada anggaran untuk pembuatan jembatan darurat. Tapi kami imbau kontraktor berkoordinasi dengan Pemdes Sukamaju dan warga terkait pembuatan jembatan darurat. Sebab, bagaimanapun pembangunan ini tetap harus mempertimbangkan aktivitas warga supaya tidak terganggu,” pungkasnya. (kmg/b/suf/py)

Baca Juga