Beranda Bogor Raya

Warga Bekasi Waspadai Banjir Kiriman dari Bogor

WASPADA BANJIR: Banjir yang melanda Kota Bekasi selama ini sebagian besar merupakan banjir kiriman dari Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Intensitas hujan di wilayah Bogor yang semakin tinggi, membuat beberapa daerah rawan banjir. Salah satunya Kota Bekasi, yang berada di daerah hilir.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Eddy Sukamto mengimbau warga di pinggiran Kali Bekasi agar waspada terhadap banjir kiriman dari beberapa kali yang ada di Kabupaten Bogor.

Pasalnya, jika intensitas hujan terus tinggi, maka perumahan dan warga yang berada di pinggiran Kali Bekasi bisa terkena banjir setinggi satu meter lebih.

“Di pinggiran Kali Bekasi bisa kena banjir kalau kalinya meluap, (air) kirimannya banyak. Seperti Perumahan Villa Nusa Indah, PGP, Jatirasa, Jakasetia, sampai hilir sana di Bekasi Utara kena semua,” ujar Eddy kepada wartawan, Rabu (7/11/2018).

Eddy menambahkan, banjir di Kota Bekasi dibagi menjadi dua kategori, yakni banjir lokal dan banjir kiriman dari Kabupaten Bogor.

Banjir kiriman Bogor yakni sepanjang aliran sungai Bekasi. Seperti Kompleks Pondok Gede Permai, Jatirasa, Jakasetia, Perumahan Taman Villa Kartini, Perumahan Villa Nusa Indah , dan lainnya.

“Jadi kami mengimbau kepada masyarakat untuk siap siaga hadapi banjir kiriman dan banjir lokal, terlebih lagi rumah-rumah yang memang berada di pinggir kali Bekasi itu rawan banjir,” tandas dia.(dyt)

Baca Juga