25 radar bogor

Tersiksa dengan Bau Tak Sedap, Warga Geruduk dan Tutup Paksa Aktivitas Pembakaran Aki

Aktivitas pembakaran aki di Kampung Bojong Limus, Desa Cibening, Pamijahan, Bogor, yang digeruduk warga.

PAMIJAHAN – RADAR BOGOR, Bau tak sedap dari lokasi pembakaran aki di Kampung Bojong Limus, Desa Cibening, Pamijahan, Bogor, membuat warga tersiksa.

Tak mau terus terganggu dengan bau tak sedap itu, warga pun mengeruduk lokasi pembakaran aki yang terletak di salah satu kebun tersebut.

Kedatangan warga untuk menutup paksa aktivitas pembakaran itu karena kerap menyebabkan polusi dan mengeluarkan bau tak sedap.

Ketegangan sempat terjadi antara pekerja dan warga. Kedua belah pihak terlibat adu mulut. Untungnya, ketegangan ini tidak berakhir anarkis setelah sejumlah tokoh masyarakat menenangkan warga.

Ina, salah satu warga Kampung Bojong Limus RT 02/06, warga sebetulnya sudah lama memprotes dan merasa tak nyaman dengan aktivitas pembakaran aki tesebut.

“ Memang belum seminggu, tapi kita tidak tahan. Saya sering sesak nafas. Tetangga saya malah sakit tenggorokan. Tetangga yang lain malah sampai ada yang muntah-muntah pas cium bau pembakaran,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Di tempat terpisah, Pjs Kepala Desa Cibening, Oking Supandi, menegaskan jika usaha pembakaran aki tersebut tidak mengantongi izin. Pemerintah desa, kata dia, baru mengatahui jika di lokasi tersebut ada aktivitas tersebut.

“ Izinnya juga tidak ada tembusan ke kita. Itu memang berbahaya bagi kesehatan. Insya Allah kami akan koordinasi dengan aparatur desa dan kecamatan untuk pengawasan. Saya harap masyarakat tenang. Kami akan tindak lanjut nanti sesuai aturan yang berlaku,” pungkasnya. (cr3/c)