25 radar bogor

Prabowo Minta Maaf, Anak Buah Mega Ngomong Begini

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berharap permintaan maaf Prabowo itu ikhlas dari hati terdalam. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR Calon Presiden (Capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto telah menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat atas pidatonya yang menyebut ‘Tampang Boyolali’. Dalam permintaan maafnya, mantan Danjen Kopassus itu menegaskan, ucapannya itu hanya sebatas candaan bukan bermaksud menyinggung kelompok tertentu.

Menanggapi itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengapresiasi langkah Prabowo. Hanya saja dia berpesan agar hal itu dilakukan secara ikhlas.

“Kalau permintaan maaf dengan rakyat itu ya itu hal yang tanpa syarat. Maaf ya maaf nggak usah pakai catatan,” ujar Hasto di DPP PDIP Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/11).

Lebih lanjut, Hasto juga mengklaim, selama ini koalisinya tidak pernah mempolitisasi kasus tampang Boyolali. Justru yang selama ini dilakukan kubu petahana yakni melakukan pendidikan politik terhadap para calon pemimpinnya.

“Sebenarnya kita nggak pernah mempolitisasi. Yang kami lakukan adalah pendidikan politik agar setiap pemimpin itu berdisiplin dalam berbicara,” imbuhnya.

Anak buah Megawati Soekarnoputri itu menilai, pidato tampang Boyolali Prabowo memang kurang baik disampaikan ke publik. Terutama dari seorang tokoh negara. Sehingga wajar akhirnya menyampaikan permohonan maaf.

“Jangan karena biasa masuk hotel kemudian mengatakan masyarakat sana nggak bisa masuk hotel, kurang pas bagi seorang pemimpin,” pungkas Hasto.

Sebelumnya diketahui, usai candaanya soal ‘Tampang Boyolali’ yang kemudian berujung polemik, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akhirnya secara tulus meminta permohonan maaf secara terbuka. Ucapan tersebut dilontarkan melalui unggahan akun media sosial Dahnil Anzar Simanjuntak pada Selasa (6/11) malam.

Dalam video yang berdurasi sekitar 2 menit tersebut, Prabowo mengakui candaanya tidak bermaksud mengarah negatif. Ia juga tak sungkan meminta maaf bila selorohnya membuat tersinggung pihak lain.

“Maksud saya tidak negatif. Tapi kalau ada yang merasa tersinggung, ya saya minta maaf karena maksud saya tidak seperti itu,” kata Prabowo yang tampak mengenakan safari cokelat tersebut.

(ce1/sat/JPC)