Beranda Pendidikan

Momen Wisuda, Rektor IPB Ajak Doakan Korban Lion Air JT-610

Suasana wisuda di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga, Bogor, (7-8/11).

BOGOR-RADAR BOGOR, Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali mempersembahkan lulusan ahli madya sebagai sumberdaya manusia yang berkualitas dan siap membangun sektor pertanian dalam arti luas.

Pada wisuda Program Pendidikan Sekolah Vokasi bulan ini, IPB menyerahkan ijazah kepada 1.123 orang lulusan ahli madya di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Dramaga, Bogor, (7-8/11).

Dalam sambutannya, Rektor PB, Dr. Arif Satria mengatakan di tengah persaingan dengan lulusan Politeknik atau yang sejenis, IPB membekali para mahasiswa selama menempuh pendidikan dengan berbagai macam softskill.

Hal ini semata-mata untuk menepis kabar yang beredar bahwa sebagian besar lulusan Perguruan Tinggi cenderung sebagai pencari kerja (job seeker) daripada pencipta lapangan pekerjaan (job creator).

“Oleh karena itu, IPB selalu berjuang untuk menghasilkan lulusan yang adaptif terhadap perubahan, lulusan yang bisa mengendalikan perubahan, mahasiswa yang bisa memberikan kontribusi terhadap perubahan ini. IPB terus berbenah dan hari ini kita sudah harus mulai berpikir bagaimana untuk me-reform kurikulum kita, dimana kurikulum 2019 sebagai bekal kita untuk menghasilkan lulusan-lulusan IPB sebagai technopreneur dan sociopreneur,” kata Rektor.

Dalam kesempatan ini, Rektor memberikan wejangan kepada wisudawan untuk terus mengasah diri sehingga memiliki 10 ciri menjadi orang sukses.

Yakni menjadi seorang pembelajar, jujur atau integritas, kreatif, disiplin dan kerja keras, punya kepedulian sosial, komunikatif, memiliki complex problem solving & critical thinking, service orientation,negotiation dan cognitive flexibility, berjiwa Kepemimpinan (Leadership), cerdas emosional dan interpersonal yang Baik (emotional intelligence dan good interpersonal skill) dan terakhir adalah kolaboratif.

Perlu diketahui bersama bahwa IPB bersama Himpunan Alumni (HA) IPB bekerjasama untuk mengembangkan leadership mahasiswa melalu program mentorship dari para alumni yang sukses. Ini merupakan bagian dari upaya kita untuk mempersiapkan para calon alumni agar ke depan mampu menjadi seorang leader.

“Harapannya Alumni IPB semakin kuat dan kompak dengan semangat “Satu Hati Satu IPB”demi membangun IPB dan Indonesia secara konkrit di bidang pertanian secara luas,” ujarnya.

Pada kesempatan ini pula, di hadapan wisudawan dan tamu undangan, Rektor mengajak seluruh yang hadir untuk mendoakan korban musibah jatuhnya pesawat Lion Air JT-610.

“Terkhusus mari kita doakan kepada saudari kita atas nama Idha Susanti, Mahasiswa Program Doktor Biologi Tumbuhan IPB, yang turut menjadi korban. Selain itu, mari kita tetap panjatkan doa dan dukungan untuk saudara-saudara kita yang ditimpa musibah gempa bumi dan tsunami di Lombok, Palu, Donggala dan Sigi. IPB senantiasa melakukan upaya-upaya baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang untuk membantu korban,” ujarnya.

Pada kondisi darurat, menurutnya, IPB telah menghimpun sumbangan atau penggalangan dana untuk para korban bencana. IPB bekerjasama dengan Himpunan Alumni (HA) memberikan beasiswa serta bantuan hidup selama menempuh pendidikan di IPB bagi yang terdampak serius. IPB juga membantu mahasiswa asal Palu, Donggala dan Sigi untuk kembali ke kampung halaman.

Selain itu, IPB memfasilitasi mahasiswa Universitas Tadulako yang terkena dampak bencana untuk sementara mengikuti pendidikan di IPB melalui skema credit earning secara gratis (bebas Uang Kuliah Tunggal atau UKT) untuk program studi yang relevan.

Credit earning yang diambil nantinya akan diakui oleh Universitas Tadulako. Ke depan, IPB akan ikut berperan dalam mitigasi bencana hingga recovery, menghidupkan dan mengembangkan potensi pertanian, peternakan dan perikanan di Lombok, Palu, Donggala dan Sigi pasca gempa. Termasuk IPB akan memberikan masukan dalam resettlement untuk wilayah-wilayah rawan pergeseran lahan atau rawan bencana.

Hingga wisuda pada tahap ini, IPB telah memiliki 155.262 orang alumni. Keberadaan alumni memiliki peran strategis dalam membangun bangsa dan negara dan membangun IPB pada khususnya yang mencerminkan hasil pendidikan selama belajar di IPB.(Awl/Zul)

Baca Juga